Srigunting sumatera

Burung srigunting sumatra atau Sumatran Drongo (Dicrurus sumatranus) (W. Ramsay, 1880) adalah salah satu spesies burung srigunting yang dapat ditemukan di kawasan Sumatra.
Srigunting sumatera
img credit to http://ibc.lynxeds.com

Memiliki panjang tubuh keseluruhan sekitar (29 cm.), berbulu hitam mengkilap dengan ekor sedikit membelah dan lebar. Iris merah, paruh dan kaki hitam. Mirip dengan Srigunting Jambul- rambut, bedanya ukuran Srigunting sumatera lebih kecil, tidak memiliki jambul yang seperti rambut panjang,ekor lebih pendek dengan bulu terluar sedikit melengkung, paruh lebih pendek, dan bintik-bintik mengkilapnya lebih sedikit.

Burung ini memiliki 2 sub spesies dengan wilayah penyebaran yang berbeda. Diantaranya adalah:
  • sumatranus (R. G. W. Ramsay, 1880): Dataran tinggi di Sumatera (Dataran tinggi Batak dan Bukit Barisan, dari Aceh ke selatan sampai Gunung Kaba, di Bengkulu).
  • viridinitens ( Salvadori, 1894): Kepulauan Mentawai (Siberut, Sipura, Pagai utara dan selatan), di ujung barat Sumatera.

Suara Kicauan burung srigunting sumatra sama dengan jenis burung srigunting pada umumnya,yaitu keras dan berirama. Selain itu juga suaranya 'cemengkling' dan memekakkan telinga. Silahkan dengarkan audioonya dibawah ini.
  1. Suara burung srigunting sumatra
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Srigunting sumatera"
Back To Top