Srigunting wallacea

Srigunting wallacea termasuk burung srigunting berukuran besar yaitu sekitar 28 - 38 cm panjangnya, dengan warna bulu hitam yang mengkilap kehijauan. Ekor yang bercabang dengan iris mata yang berwarna merah. Srigunting wallacea diketahui hanya hidup dan berhabitat di Maluku tenggara dan Nusa Tenggara.
Srigunting wallacea
http://ibc.lynxeds.com/

Terdapat 6 sub-spesies yang menyebar di wilayah tersebut, diantaranya adalah:

  • -vicinus (Rensch, 1928): Lombok, di Sunda kecil bagian barat. 
  • -bimaensis (Wallace, 1864): Sumbawa, Komodo, Rinca, Flores, Pantar, Alor, dan Gunungapi. Ciri pembeda: Mirip D. d. densus , bedanya ukuran lebih kecil; paruh lebih kecil; ekor menggarpu lebih dangkal, dengan ujung ekor terluar agak melengkung ke atas; bagian mantel berwarna beludru; dan warna kilap lebih kebiruan. Tubuh bagian bawah burung muda agak putih. 
  • -sumbae (Rensch, 1931): Sumba. Ciri pembeda; Mirip D. d. bimaensis, bedanya mantel agak lebih berkilap. 
  • -densus (Bonaparte, 1850): Roti, Timor, Wetar, Semau, Luang, dan Sermata. Ciri Pembeda: Paruh terlihat kokoh; bulu pada tengkuk dan leher agak panjang, longgar; ekor bercabang sangat dalam; dan mantel tidak mengkilap. 
  • -kuehni (E. J. O. Hartert, 1901): Kepulauan Tanimbar, di ujung timur Sunda Kecil. Ciri pembeda: Mirip D. d. densus , bedanya ekor menggarpu lebih dangkal dan bagian mantel berwarna agak hijau berkilap. 
  • -megalornis (G. R. Gray, 1858): Pulau Gorong dan Manawoka di Laut Seram; Kepulauan Watubela dan Kepulauan Kai, di Maluku tenggara. Ciri pembeda: Mirip D. d. densus , bedanya ekor menggarpu lebih dangkal dan bagian mantel berwarna agak hijau berkilap. Tempat hidup dan Kebiasaan Burung penetap yang mudah dijumpai; menghuni hutan primer dan sekunder, hutan terbuka, lahan budidaya dengan sedikit pohon, dan hutan mangrove sampai ketinggian 1650m di Flores.(kutilang)
Di Sumba, sering ditemukan berada di sekitar kawanan monyet pemakan- kepiting. Bagi masyarakat di daerah Bima Dompu, burung ini biasa di sebut dengan burung Keci.Suaranya juga cukup bagus,silahkan download audionya dibawah,tapi maaf tidak jernih.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Sumber:kutilang.co.id
1 Komentar untuk "Srigunting wallacea"
Back To Top