Suara burung chaffinch

Burung chaffinch merupakan jenis burung Pipit atau Emprit (dalam bahasa jawa) yang memiliki warna dan suara yang bagus. Jika di Indonesia, jenis burung yang satu ini termasuk burung import karena nemang bukan asal Indonesia. Saat ini burung chaffinch sudah mudah dijumpai dan bisa Anda pelihara. Bagi para kolektor burung finch (finch mania) pasti sudah tahu dengan burung ini.
Suara burung chaffinch

Burung ini memiliki ukuran panjang sekitar 14 – 28 cm, sedangkan betina 14 – 17.5 cm. Termasuk dalam jenis burung Pipit berukuran medium, tubuh gemuk dan pendek. Bagian kepala sedikit terlihat seperti mahkota dan ekor berbentuk sedikit mirip garpu. Antara burung jantan dan betina mudah dibedakan secara kasat mata.

Habitat burung ini mudah dijumpai di beberapa tempat seperti di hutan pinus atau pohon khas musim gugur, hutan dan taman. Makanan utama adalah benih biji- bijian, jagung, buah, laba-laba, kumbang kecil, serangga dan juga larvanya, dan anak burung muda memakan ulat.

Wilayah penyebaran burung ini ada di Eropa sampai negara Skandinavia bagian utara, eropa timur sampai Rusia hingga Kazakhstan, Siberia bagian barat, kadang lebih jauh ke arah timur di area terisolasi, selatan sampai pantai bagian utara Mediterania, dari Portugal dan Spanyol timur dan juga Lebanon bagian utara, termasuk di Balearics, Sardinia, Corsica, Sicilia, dan Siprus.

Suara kicau burung pipit yang satu ini juga bagus,meskipun suara aslinya di alam tidak sepanjang kicauan burung kenari. Tapi bagus dan cocok untuk dijadikan tambahan koleksi suara burung,khususnya para pecinta burung kenari maupun burung jenis finch (finch mania). Silahkan download audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : bird song, finch
2 Komentar untuk "Suara burung chaffinch"
Back To Top