Suara burung kolibri ekor hijau

Burung kolibri ekor hijau atau green-tailed sunbird (Aethopyga nipalensis) adalah salah satu species burung madu Nectariniidae. Di indonesia khususnya para pecinta burung sering menyebut burung madu sebagai kolibri. Karena memang keduanya sangat mirip terutama paruhnya yang panjang. Burung kolibri jika dalam bahasa inggris disebut Hummingbird, sedangkan burung madu disebut Nectar bird.
Suara burung kolibri ekor hijau

Burung madu ini masih kerabat dekat dengan burung madu jawa yang ada di Indonesia. Memikiki ekor yang lebih panjang dibanding dengan burung madu kelapa maupun burung madu sriganti. Sama seperti burung madu lainnya,warna burung ini juga cantik dengan bulu mengkilap dibagian kepala.

Burung madu ekor hijau ini memiliki wilayah penyebaran di Bangladesh, Bhutan, India, Laos , Myanmar, Nepal, Thailand , Tibet dab Vietnam. Habitat aslinya dapat dijumpai di hutan-hutan dan daerah pegunungan. Di bagian tenggara Szechwan dan Yunnan, hidup di wilayah pegunungan terbuka yang memiliki ketinggian antara 1825 sampai 3350 meter.

Memiliki panjang tubuh 14cm. Burung jantan dan betina tidak serupa warna bulunya. Burung jantan lebih indah dengan warna kuning kemerahan dibagian dada sampa bagian tungirnya. Hitam dibagian wajah hingga leher bagian bawah, warna biru mengkilap di bagian atas kepalanya,warna merah ngalung di bahu,sayap berwarna hijau zaitun dan ekor berwarna hijau kebiruan. Sedangkan burung betina warnanya hanya coklat muda maupun coklat semu zaitun.

Suara kicau burung madu yang satu ini cukup bagus untuk masteran. Nada panggilannya juga rapat. Silahkan download suara burung kolibri ekor hijau dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Suara burung kolibri ekor hijau"
Back To Top