Suara burung pleci/kecial lombok

Burung Pleci atau Kecial lombok merupakan burung endemik dari Pulau Lombok, NTB. Keberadaan nya dapat dijumpai di dua pulau yang berdekatan, yaitu Pulau Lombok (Nusa Tenggara Barat) dan Nusa Penida (Bali). Ini terungkap dalam buku The Birds of Borneo dan The Birds of Wallacea.
Suara burung pleci/kecial lombok

Sebutan pleci lombok sendiri sudah menjadi nama yang umum di kalangan penghobi burung di Jawa khususnya. Karena memang jenis burung pleci yang satu ini hanya dapat ditemukan di daerah lombok dan kawasan yang dekat dengannya. Dalam bahasa latinnya, burung pleci lombok ini adalah Zosterops chloris maxi.

Seperti jenis burung pleci pada umumnya yaitu berwarna kuning. Akan tetapi walaupun agak mirip, pleci/kecial kuning yang ada di Lombok ini ternyata berbeda dengan Jenis Burung Pleci yang ada di daerah lainnya. Burung ini memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis burung pleci yang ada di Jawa.

Selain warna bulunya yang kuning merata dari bawah leher sampai ekor, suaranya pun lebih nyaring bila dibandingkan dengan jenis burung yang sama di daerah lain. burung ini merupakan salah satu subspesies atau ras dari burung kacamata perut kuning /lemmon-bellied white eye (Zosterops chloris).

Berikut ini kami memiliki beberapa audio mp3 suara burung pleci/kecial lombok yang mungkin bermanfaat buat Anda download untuk memancing bunyi burung pleci peliharaan Anda.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Suara burung pleci/kecial lombok"
Back To Top