Burung cucak filipina/philippine bulbul

Burung cucak filipina atau Philippine bulbul (Hypsipetes philippinus) merupakan salah satu jenis burung yang memiliki kerabat dekat dengan jenis-jenis burung cucak di Indonesia. Seperti cucak kutilang,crucuk dan lainnya yang merupakan bagian dari kelompok Pycnonotidae dan spesies dalam Genus: Hypsipetes.
Burung cucak filipina/philippine bulbul

Burung ini merupakan jenis burung cucak endemik filipina. Jadi maksudnya tidak dijumpai di negara lain. Tersebar di beberapa tempat, mulai dari ketinggian 500 - 2,250 m dpl. Memiliki 2 sub spdsies, yaitu Mindoro bulbul dan Visayan bulbul.

Warna dari burung cucak filipina ini cukup menarik meskipun secara keseluruhan terlihat berwarna coklat kusam di bagian atas tubuh dan sayapnya. Warna di bagian atas kepalanya abu-abu kebiruan,bagian tenggorokan coklat kemerah-merahan sampai bagian perut depan yang berbeda dengan warna bulu burung cucak yang lainnya,diteruskan dengan warna putih hingga bagian tunggirnya. Paruh dan kaki hitam,mata kemerahan.

Makanan utamanya adalah serangga dan buah-buahan. Suara kicaunya di alam liar cukup bagus walau terdengar monoton namun berirama. Silahkan dengarkan suara burung cucak filipina dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : Burung Cucak
2 Komentar untuk "Burung cucak filipina/philippine bulbul"
Back To Top