Burung cucak hijau semiran (jantan apa betina)

Burung cucak hijau/cucak ijo semiran. Ini merupakan salah satu modus penipuan di dunia burung. Teknik penyemiran atau pewarnaan bulu seperti ini sebenarnya sudah dari dulu,namun hingga saat ini dan mungkin kedepannya masih juga bisa ditemukan kasus yang sama. Trik curang pedagang untuk mengelabuhi mata pembeli yang sangat merugikan,khususnya bagi pecinta burung baru (pemain baru).
Burung cucak hijau semiran (jantan apa betina)

Modus yang digunakan seperti ini biasanya terjadi untuk burung yang memiliki kemiripan antara burung jantan dan betina khususnya di usia burung yang masih muda. Selain itu juga ada jenis burung lain yang sudah pernah saya bahas di . Berikut ini adalah cara untuk mendeteksi secara detail tentang bagaimana cara untuk membedakan antara burung cucak hijau yang semiran (ijo betina) dan burung jantan yang asli.

1.Jaminan
Seorang pedagang yang bertanggung jawab,ia akan jujur dan berani memberi jaminan kualitas dari burung yang ia jual. Kalaupun si pedagang sendiri tidak tahu juga jenis kelaminnya,maka dia pun akan bilang tidak tahu atau tidak menjamin kepastian. Namun kebanyakan penjual adalah sering berkata lebih supaya dagangannya laku. Nah jika Anda ragu bisa meminta jaminan garansi berapa hari,jika si burung yang dibelinya ternyata betina bisa dikembalikan dan minta ganti burung lain atau uang kembali.

2. Pahami ciri fisik burung
Para penghobi pemula biasanya hanya mengetahui jenis kelamin burung berdasarkan apa yang ia lihat sekilas dan hanya dari sumber penglihatan semata. Yang ia tahu bahwa burung cucak hijau jantan pada burung bakalan atau burung muda menginjak usia dewasa dibagian leher/tenggorokannya muncul trotolan hitam yang kemudian akan menjadi hitam (nopeng) setelah benar-benar dewasa.

Disinilah trik penipuan yang sering digunakan oleh para penjual nakal. Mereka (penjual) akan melakukan trik penipuan dengan cara memberi warna (semir) hitam berbintik pada bagian leher/tenggorokan untuk burung betina. Memang di usia yang masih sangat muda,kedua burung cucak hijau jantan dan betina sangatlah mirip. Namun tentu saja ada bagian-bagian lain ditubuhnya yang membedakannya,walaupun harus dengan cara yang detail dalam memilih.

Berikut ini beberapa contoh gambar burung cucak hijau betina. Anda bisa lihat burung berikut ini adalah jenis kelamin jantan atau betina?. Warna trotol hitam mulai muncul tapi meragukan karena warnanya hitam terang,warna bulu biru tipis di sampingnya juga terdapat warna hitam.
Burung cucak hijau semiran (jantan apa betina)

Perhatikan warna bulu hitam di tenggorokannya,perhatikan juga pola di bagian bawah paruhnya (jika jantan pola huruf V dan jika betina melengkung seperti huruf U), perhatikan lagi warna paruh bagian bawah. Jika burung jantan,warna paruh di bagian bawah akan terlihat gelap atau hitam,nah sedangkan betina terlihat abu-abu atau keputihan.

Warna burlu pada burung betina di bagian tenggorokannya yang semula kuning seperti burung jantan akan berubah atau pudar menjadi warna putih seperti ini.
Burung cucak hijau semiran (jantan apa betina)

Warna bulu memang bisa dirubah,tapi untuk yang lainnya pasti tidak bisa dibohongi. Modus penipuan  seperti ini masih sangat banyak terjadi. Berhati-hatilah saat Anda mau membeli bakalan burung cucak hijau supaya tidak salah pilih. Identifikasi diatas tidak bisa dijadikan patokan 100% kebenarannya, karena pada kenyataannya ada juga yang semula dianggap burung betina tapi selang beberapa bulan kemudian tanda-tanda burung jantan muncul. Usia burung memang sangat mempengaruhi faktor warna bulunya. Semoga Anda termasuk orang yang beruntung dan tidak salah dalam memilih.
3 Komentar untuk "Burung cucak hijau semiran (jantan apa betina)"
Back To Top