Burung Kutilang tunggir merah

Kutilang tunggir merah atau dalam bahasa melayu disebut Merbah tunggir merah,sedangkan dalam bahasa Inggrisnya disebut Red-vented Bulbul (Pycnonotus cafer) adalah jenis burung kicau dari kelompok burung cucak-cucakan atau Bulbul. Dalam klasifikasi ilmiahnya dinamakan suku dari family Pycnonotidae yang dimasukkan dalam Genus: Pycnonotus.

suara burung Kutilang tunggir merah

Sekilas sangat mirip dengan burung kutilang yang ada di Indonesia. Burung kutilang yang ada di Indonesia disebut Sooty headed bulbul,sedangkan burung kutilang yang ini disebut Red vented bulbul. Warnanya lebih gelap dan tegas dibanding warna bulu burung kutilang yang ada di Indonesia.
Burung ini sering dijadikan sebagai burung lomba di India. Tapi yang dilombakan bukan berdasarkan dari seni suaranya,melainkan untuk diadu secara fisik atau di tarungkan. Karena karakter burung ini termasuk burung fighter atau petarung.

Perbedaan burung jantan dan betina secara umum sama seperti burung kutilang yang ada di Indonesia,yaitu dengan melihat warna bulu pada bagian tungirnya.

Suaranya juga mirip dengan suara burung kutilang yang ada di Indonesia. Berikut ini kami memiliki beberapa suara kicau burung kutilang tungir merah. Audio ini merupakan suara asli burung ini di alam liar.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Burung Kutilang tunggir merah"
Back To Top