Burung sikatan ekor merah lembayung mantab kicaunya

Burung Sikatan ekor merah lembayung atau Common Redstart (Phoenicurus phoenicurus) atau sering hanya disebut Redstart saja. Burung ini merupakan burung berukuran kecil yang termasuk dalam family Muscicapidae dan masuk ke dalam genus Phoenicurus. Terdapat dua subspesies dari P. p. phoenicurus yang ditemukan di seluruh Eropa hingga ke Siberia. Yaitu:
  • P. p. samamisicus ditemukan di Semenanjung Krimea melalui Turki, Timur Tengah, hingga ke Asia Tengah.
  • P. p. samamisicus berukuran lebih kecil dari P. p. phoenicurus.

Sikatan ekor merah dan Robin eropa memiliki panjang tubuh yang sama yaitu sekitar 13 sampai 14,5 cm, Ekornya berwarna merah bata, sehingga mereka memiliki nama redstarts. Kata  “start” sendiri adalah kata kuno untuk menyebut “ekor”.
burung sikatan ekor merah mp3
img by grahamsphoto.blogspot.com

Sikatan ekor lembayung pada musim panas memiliki kepala berwarna kelabu seperti batu dan tengkuknya. Sementara dada, perut, dan sayap bawahnya berwarna oranye-cokelat. Dahinya berwarna putih. Pada bagian wajah dan tenggorokan berwarna hitam. Sayap dan bulu ekornya berwarna coklat, sementara pada sisi luar bulu ekor berwarna oranye-merah cerah.Kaki dan paruh berwarna hitam. Sedangkan pada musim gugur, yang jantan bulu tubuhnya berubah pucat dan kusam.

Pada burung betina secara keseluruhan berwarna abu-abu kecokelatan, dada dan perut berwarna pucat, kaki dan paruh hitam, tenggorokan berwarna putih. Makanan utamanya adalah serangga.
Suara kicau  burung ini sangat bagus, keras dan bervareasi. Silahkan dengarkan dan download audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung sikatan ekor merah lembayung mantab kicaunya"
Back To Top