Download suara burung cici merah

Cici merah adalah nama sejenis burung pengicau yang bertubuh kecil mungil. Sisi atas tubuh kecoklatan bergaris-garis atau bercoret kehitaman, sisi bawah tubuh kuning tua,hampir sama dengan Burung Cici Padi. Pada musim berbiak, burung jantan memiliki bulu-bulu kuning emas terang pada mahkota, tenggorokan dan dadanya. Karenanya, dalam bahasa Inggris dinamai sebagai Golden-headed Cisticola, Bright-headed Cisticola, atau Bright-capped Cisticola.
Download suara burung cici merah

Burung ini berukuran kecil, panjang tubuh dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 11 cm. Mahkota pada burung jantan yang tidak berbiak dan burung betina bergaris hitam banyak. Ekor coklat gelap dengan ujung kuning tua. Iris mata berwarna coklat, paruh hitam di sebelah atas dan jambon di sebelah bawah, kaki coklat muda.

Burung cici merah merupakan salah satu jenis burung dengan wilayah persebaran yang sangat merata di Indonesia. Burung ini termasuk dalam keluarga Cisticolidae yang dikenal sebagai burung penjahit, karena pandai menjahit sarang, dengan mencuri jaring laba-laba dan menggunakannya sebagai benang.

Burung mungil berpenampilan cantik ini banyak ditemukan di area persawahan, padang rumput, dan semak belukar. Mereka sering mengais rerumputan untuk mencari serangga sebagai makanannya.

Burung ini menyebar mulai dari India, Tiongkok, Filipina, Asia Tenggara (kecuali Semenanjung Malaya ), Kepulauan Nusantara hingga ke Kepulauan Bismarck, Australia dan Tasmania.

Di Indonesia, burung ini memiliki wilayah persebaran mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggata, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Jadi, persebarannya sangat merata. Di Jawa dan Bali umum sampai ketinggian 1.500 m dpl. Di Papua, di dataran rendah dan lembah-lembah pegunungan sampai 1.400 m dpl.

Suara kicaunya sangat khas dan mudah dikenali saat berkicau di alam bebas. Silahkan download audionya dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
Tag : suara burung
1 Komentar untuk "Download suara burung cici merah"
Back To Top