Jalak Mutiara/Common Starling

Burung jalak mutiara,begitu penyebutan lokal burung yang memiliki nama common starling ( Sturnus vulgaris) ini yang juga dikenal sebagai European starling atau disebut Starling saja bagi orang Inggris. Burung ini merupakan jenis burung jalak atau dalam keluarga Sturnidae dan species dari Genus: Sturnus. Berukuran sedang sekitar 19-23cm dan memiliki warna bulu yang indah.
Jalak mutiara/common starling mp3

Berwarna hitam mengkilap dengan paduan warna antara hijau,biru,merah dan ungu yang semu dan akan terlihat kemolekan warna-warna tersebut juga terkena sinar ataupun cahaya. Selain itu juga diselingi dengan semburat warna coklat di bagian sayap dan bintik-bintik putih kecoklatan yang menghiasi seluruh bagian tubuhnya dan berparuh kuning.

Sama seperti burung jalak pada umumnya, makanan burung ini adalah serangga dan buah-buahan. Sering terlihat berpasangan dan bergerombol dalam jumlah yang banyak. Bersarang pada lubang-lubang pohon dan lubang-lubang bebatuan di area perbukitan.

Wilayah penyebaran burung ini terdapat di New Zealand, Australia, Afrika selatan, Amerika Utara, Fiji dan ada beberapa terlihat di pulau Caribbean. Juga bermigrasi sampai ke wilayah Asia seperti Thailand, negara di Asia bagian barat laut dan juga sampai ke Indonesia bagian timur,khususnya di Papua Barat.

Suara burung ini hampir sama dengan burung jalak keling. Namun disaat berkicau suaranya lirih seperti ngriwik saja. Tidak seperti jenis burung jalak berukuran besar seperti jalak bali,jalak hongkong, jalak nias dan sebagainya yang memiliki suara cukup keras.

Silahkan bagi yang mau download mp3 suara burung jalak mutiara dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : Burung Jalak
3 Komentar untuk "Jalak Mutiara/Common Starling"
Back To Top