Ketika kacer hitam berubah warna

Ketika kacer hitam berubah warna. Burung kacer adalah salah satu jenis burung berkicau yang digandrungi oleh para kicau mania di Indonesia dan juga beberapa negara seperti singapura,malaysia, thailand dan juga vietnam. Di Indonesia sendiri yang populer ada 2 jenis, yaitu kacer hitam dan kacer dada putih atau yang disebut kacer poci maupun sekoci.

Terlepas dari asal burung kacer di dapat, karena pada dasarnya semua jenis kacer memiliki kemampuan berkicau yang bagus,tergantung dari si pemilik burung tersebut memeliharannya. Di Magelang sendiri antara kacer hitam dan dada putih harganya lebih mahal yang kacer hitam. Kalau disana disebut karjo atau kacer jowo. Dibanding dengan harga kacer yang dari sumatera,di magelang untuk harga bakalan burung kedua jenis ini selisihnya lumayan. Namun untuk yang bagus harganya antara kedua jenis relatif sama.

Dengan perbedaan harga antara kedua jenis burung kacer ini, banyak para oknum pedagang burung yang curang,yaitu dengan mewarnai bulu pada burung kacer dada putih/poci dengan menggunakan pewarna rambut hitam. Sungguh ironis memang, hanya demi keuntungan apapun akan dilakukan.
Terkadang saya hanya ketawa geli jika ada orang yang tertipu dengan modus mutasi warna instant seperti ini. Secara sekilas memang pewarnaan bulu menggunakan semir rambut itu memang cukup samar sekali. Apalagi buat orang yang sebelumnya belum pernah mengamati keaslian bulu burung yang asli dengan detail.

Perhatikan foto burung kacer dibawah ini yang telah luntur warna hitamnya menjadi kacer poci,
Ketika kacer hitam berubah warna

Maka lama kelamaan burung diatas akan menjadi seperti foto dibawah ini aslinya,
Ketika kacer hitam berubah warna


Ketika si pembeli sudah deal dengan penjual, kemudian dibawa pulang oleh pembeli, namun selang beberapa hari kemudian atau ketika dimandikan warna bulunya luntur. Tentu si pembeli pun akan merasakan sangat kecewa sekali karena barang yang ia beli ternyata palsu. Masih mending kalau hanya berubah menjadi kacer poci jantan, lah kalau betina?,pasti rugi banyak kan.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli burung, saran saya jika belum mengerti tentang burung yang ingin Anda beli sebaiknya ajak teman Anda yang lebih mengerti. Atau jika Anda ragu bisa minta garansi uang kembali jika apa yang dikatakan penjual tentang burung itu benar. Pedagang yang baik pasti berani menjamin keabsahan burung yang ia jual walaupun tidak menjamin kehidupannya karena binatang bukan barang.

Keaslian warna bulu burung bisa kita lihat dengan detail. Pada warna bulu burung jantan kebanyakannya adalah lebih mengkilap dibanding dengan bulu pada burung betina. Warna semir juga akan terlihat kusam dan tidak mengkilap. Coba Anda buat sendiri dengan mewarnai bulu apapun itu,pasti warnanya kucem dan terlihat dasar saja. Semoga Anda bukan termasuk korban berikutnya.
0 Komentar untuk "Ketika kacer hitam berubah warna"
Back To Top