Kicau burung cikrak pallas

Burung cikrak pallas adalah penyebutan dari beberapa sumber tentang dunia burung di situs/blog berbahasa Indonesia. Namun burung ini tidak dijumpai di Indonesia. Penyebutan nama "Pallas" tersebut diambil dari nama asli dari burung ini dalam bahasa Inggrisnya disebut palla’s leaf warbler (Phylloscopus progulus), sedangkan "Cikrak" sendiri merupakan nama burung di Indonesia yang digunakan untuk menyebut jenis burung "leaf warbler".
Kicau burung cikrak pallas

Burung cikrak pallas memiliki habitat asli di kawasan Siberia, wilayah utara Mongolia, dan timurlaut China. Di sanalah mereka berkembang biak. Tetapi menjelang musim dingin, mereka akan bermigrasi ke selatan, termasuk ke Asia Tenggara. Cikrak pallas termasuk salah jenis burung warbler dengan ukuran paling kecil, panjang tubuhnya hanya sekitar 9-10 cm, atau sedikit lebih kecil daripada burung cikrak daun/ mountain leaf-warbler (Phylloscopus trivirgatus).

Tubuh bagian atas berwarna kehijauan, dan tubuh bagian bawah berwarna putih. Pada sayapnya terdapat garis-garis berwarna kuning pucat. Bagian alis / atas mata juga berwarna kuning. Berbeda dari spesies cikrak lainnya, cikrak pallas bukanlah burung pemalu. Mereka termasuk burung yang sangat aktif. Tidak heran jika cikrak pallas cukup popular sebagai burung peliharaan di Beijing atau kota-kota lainnya di China.

Cikrak pallas berkembang biak di hutan- hutan di pegunungan. Sarang mereka ditempatkan pada cabang-cabang pohon yang memiliki daun lebar, atau pada tanaman runjung seperti pinus atau cemara. (ref omkicau)

Suara kicau burung ini juga bagus,silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
  • Suara burung cikrak pallas (maaf link non aktif)
  • Suara burung cikrak pallas (maaf link tidak aktif)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
Back To Top