Suara burung prenjak belukar

Burung prenjak belukar atau cinenan belukar yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Dark-necked Tailorbird (Orthotomus atrogularis) ini merupakan salah satu jenis burung pengicau berukuran kecil yang merupakan juga bagian dari burung perajut.Tampilan burung ini seperti perpaduan antara burung prenjak kepala merah dan burung prenjak lumut.
Kicau burung prenjak belukar mp3
img by madibirder.blogspot.com

Berukuran Kecil (10 cm). Terdapat warna bulu merah-karat di bagian atas kepalanya, Perut putih, ekor panjang dan sering ditegakkan, tungging kuning, dan tenggorokan kehitaman. Bagian tenggorokan burung remaja tidak kehitaman. Tubuh bagian atas hijau- zaitun, dan sisi kepala abu-abu. Burung betina berbulu lebih kusam dan terdapat sedikit warna merah pada bagian kepala serta sedikit warna hitam pada bagian tenggorokan. Iris coklat, paruh bagian atas hitam, paruh bagian bawah kemerah-jambuan, kaki abu-abu kemerah-jambuan.

Mirip Cinenen pisang, perbedaan terletak pada warna bulu di bagian tengkuk yang merah-karat, punggung yang lebih hijau, serta bulu-bulu penutup ekor bagian bawah dan paha yang berwarna kuning. Juga persebarannya di Indonesia yang terbatas di Pulau jawa, sementara Cinenen belukar terbatas di pulau Sumatera dan Kalimantan. Suara Kicauan merdu yang nyaring dan berbeda dengan kicauan jenis Cinenen lain “ kri-ri-ri ”.

Persebaran India utara sampai Cina barat daya, Filipina, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Terdiri dari 4 sub-spesies dengan daerah persebaran:
  • nitidus (Hume, 1874): India timur laut (dari Jalpaiguri, di Bengal barat, di timur sampai Assam di selatan Brahmaputra, Meghalaya, Mizoram dan Nagaland), Bangladesh timur (Perbukitan Chittagong), juga sebagaian besar wilayah Myanmar (kecuali barat), ujung Cina selatan (Yunnan selatan), melalui Thailan (kecuali selatan), Kamboja, Laos dan Vietnam. 
  • anambensis (Watson, 1986): Pulau Tioman (ujung timur semenanjung Malaysia), dan Kepulauan Anambas dan kepulauan Natuna utara. 
  • atrogularis (Temminck, 1836): Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan (kecuali wilayah timur laut). 
  • humphreysi (Chasen & Kloss, 1929): Kalimantan timur laut. 
Tempat hidup dan Kebiasaan Sering dijumpai di hutan terbuka, hutan sekunder, tepi sungai, dan pekarangan di dataran rendah sampai ketinggian 1200 mdpl. doc (www.kutilang.or.id)

Silahkan bagi yang mau mendengarkan atau mendownload mp3 suara burung prenjak belukar bisa langsung melalui link download dibawah ini.

  1. Download Mp3 
  2. Download Mp3

Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Suara burung prenjak belukar"
Back To Top