Kicau burung sikatan emas

Download mp3 suara burung sikatan emas- Burung Sikatan emas atau yellow rumped flycatcher (Ficedula zanthopygia) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae yang merupakan salah satu spesies dalam genus Ficedula. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga dan memiliki habitat di semak, pepohonan dan tersebar sampai ketinggian 900 m dpl.

Burung sikatan emas kicaunya bagus juga

Burung sikatan emas ini berukuran 13 cm, berwarna kuning, putih, dan hitam (jantan) atau coklat (betina). Burung Jantan pada bagian tunggir, tenggorokan, dada, dan perut atas kuning; perut bawah dan penutup ekor bawah putih. Bagian lain hitam, kecuali alis dan garis-sayap yang putih.

Betina: tubuh bagian atas coklat-buram, tubuh bagian bawah berwarna lebih pucat, tunggir kuning-buram. Perbedaannya dengan jantan dan betina: alis putih, punggung jantan lebih hitam, dan tunggir betina kuning. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Suara Khas “ pirip, pirip, ” yang merdu, diseling “ tiit “. Kadang-kadang juga terdengar kicauan yang pendek.

Burung ini termasuk salah satu jenis burung migran di Negara kita. Berbiak di Transbaikalia bagian timur dan Mongolia bagian timur ke timur sampai Rusia bagian tenggara (Amurland selatan, Ussuriland selatan), ke selatan sampai Cina bagian tengah dan timur, dan Korea, dan secara sporadis sampai Jepang bagian barat; saat musim dingin bermigrasi ke selatan sampai Cina selatan, Asia tenggara, dan Sunda Besar. (ref.kutilang.co.id)

Suara burung mungil yang satu ini juga lumayan bagus. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Kicau burung sikatan emas"
Back To Top