Kicau merdu burung Rüppell's robin-chat

Burung Rüppell's robin-chat (Cossypha semirufa) disebut juga lesser ataupun black-tailed robin-chat. Burung ini merupakan spesies burung dari keluarga Muscicapidae dan dikelompokkan dalam genus Cossypha. Tampilan burung ini mirip dengan kerabatnya yaitu White-browed robin chat. Namun memiliki ukuran yang lebih kecil.
Kicau merdu burung Rüppell's robin-chat

Wilayah penyebaran burung ini berada di Eritrea, Ethiopia, Kenya, Sudan dan Tanzania. Memiliki 3 sub spesies berbeda berdasarkan wilayah penyebaran masing-masing. Diantaranya adalah:
  • Cossypha semirufa semirufa. 
  • Cossypha semirufa donaldsoni. 
  • Cossypha semirufa intercedens.
Warna bulunya cantik dan hampir menyerupai dengan burung Shama atau Murai batu. Bulu bagian atas pada burung dewasa adalah abu-abu kecoklatan, bulu yang bawah berwarna oranye terang. Mahkota (atas kepala) berwarna hitam dengan garis putih yang terlihat seperti "alis" yang menggaris dari paruh ke bagian belakang kepala. Sedangkan untuk burung usia remaja bulu di bagian atas tubuhnya adalah kusam kecoklatan abu-abu. Berekor panjang jika diukur dari paruh hingga ujung ekornya antara 18–19 cm.

Suara kicau burung ini cukup merdu, identik dengan jenis burung dari keluarga Muscicapidae lainnya yang juga bisa menirukan suara kicau burung lain. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : bird song
2 Komentar untuk "Kicau merdu burung Rüppell's robin-chat "
Back To Top