Kicau unik burung prenjak gunung

Burung prenjak gunung atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Mountain Tailorbird (Phyllergates cuculatus) ini merupakan jenis burung penenun Tailorbird yang dikenal dengan Burung Prenjak. Banyak orang yang menyebutkan antara burung prenjak dengan Ciblek itu sama. Di blog ini saya mempunyai kriteria tersendiri dengan penyebutan burung,khususnya antara burung prenjak dengan burung ciblek.

Kicau unik burung prenjak gunung  mp3

Disini saya menyebut burung Prenjak adalah nama burung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Tailorbird,atau dalam bahasa nasionalnya disebut Cinenan. Sedangkan pemberian nama burung Ciblek adalah semua jenis burung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Prinia.

Terlepas dari pendapat masing-masing. Berikut ini kami menyuguhkan file mp3 suara burung prenjak gunung yang unik. Memang cukup unik,karena suara burung prenjak yang satu ini tidak seperti suara burung prenjak jenis kepala merah maupun prenjak lumut yang dominan memiliki suara yang tajam berupa suara tembakan-tembakan.

Burung ini memiliki warna yang cantik dengan warna bagian atas tubuhnya kuning kehijauan,warna kuning kemerahan dibagian mahkota kepalanya, putih di alis,warna putih di bagian tenggorokan kemudian disambung dengan warna abu-abu sampai tunggir yang membentuk warna seperti garis lebar di tengah, leher melingkar sampai ke belakang, dan warna kuning di bagian tepi bawah tubuhnya.

Wilayah penyebaran burung ini meliputi Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Thailand dan juga Vietnam.

Dulu spesies burung ini digabungkan dengan jenis burung prenjak yang lainnya dalam keluarga Cisticolidae. Namun para peneliti memisahkan spesies ini dan memasukkannya dalam keluarga burung Cettiidae atau Old World Warbler dan dimasukkan dalam Genus: Phyllergates.

Mungkin karena suara burung ini yang sangat berbeda dengan spesies burung prenjak yang lain. Suaranya memang unik,terdengar seperti lantunan alat musik. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.

  1. Download Mp3 
  2. Download Mp3
  3. Download Mp3 (call)

Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
10 Komentar untuk "Kicau unik burung prenjak gunung "
Back To Top