Magpie Shrike (perpaduan antara kacer dan cendet)

Burung Magpie Shrike. Jika kalian sudah mempelajari taksonomi burung mulai dari nama dalam bahasa lokal maupun bahasa Inggrisnya pasti tahu yang namanya Magpie dan Shrike. Magpie adalah jenis burung dwi warna atau hanya memiliki 2 warna dasar yaitu hitam dan putih. Contohnya saja burung kacer dalam bahasa Inggrisnya disebut Oriental Magpie Robin, kemudian burung dari Australia yang mirip dengan Jagal papua yaitu Australian Magpie dan masih banyak jenis burung dengan nama Magpie yang lain.
magpie shrike song mp3
credit img jupiterbirding.blogspot.com

Jika dilihat tampilan burung Magpie Shrike ini memang sangat menarik. Ya,jenis burung cendet/pentet dengan warna hitam dan putih seperti warna bulu burung kacer namun memiliki ekor yang cukup panjang layaknya burung cendet pada umumnya. Ukuran seluruh tubuhnya jika di ukur dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 35-50cm. Ukuran burung cendet yang besar dengan panjang mencapai setengah meter.

Burung Magpie shrike dalam bahasa latinnya disebut (Urolestes melanoleucus ) ini juga disebut sebagai African long-tailed shrike. Spesies ini merupakan bagian dari burung cendet atau Laniidae  dan menjadi satu-satunya spesies dalam Genus: Urolestes.

Habitat dan penyebaran asli burung ini berada di Benua Afrika. Menyebar luas ke beberapa kawasan di Cabanis, Angola , Botswana, Kenya, Mozambique, Namibia, Afrika Selatan, Swaziland , Tanzania, Zambia, dan Zimbabwe.

Namun sayang, suara kicaunya tidak segarang tampilannya. Silahkan dengar audio suara burung Magpie Shrike dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Magpie Shrike (perpaduan antara kacer dan cendet)"
Back To Top