Merdu dan tajamnya suara burung anis bentet kelabu

Burung anis bentet kelabu / grey shrike- thrush (Collurincla harmonica) adalah jenis burung pengicau yang berasal dari kawasan Australasia. Meski termasuk dalam keluarga anis bentet atau shrike-thrush (Colluricinclidae), burung anis bentet kelabu tidak memiliki racun pada kulit dan bulunya sebagaimana kerabatnya, anis bentet kecil. Selain itu, burung ini pun terkenal lantaran suara kicauannya yang merdu dan tajam,mirip suara burung samyong.
suara burung anis bentet kelabu mp3
img by @David Taylor

Anis bentet kelabu memiliki wilayah persebaran di Australasia, yaitu kawasan yang mencakup Australia, Selandia baru, dan pulau-pulau terdekatnya. Namun, burung ini juga bisa ditemukan di Papua dan Papua Nugini. Mereka umumnya dijumpai di kawasan hutan, taman, dan pekarangan rumah.

Meski banyak disukai, burung-burung ini umumnya dibiarkan bebas berkeliaran di sekitar permukiman warga, tanpa pernah ditangkapi.

Burung ini memiliki ukuran Sedang sekitar (23 cm.), berbulu abu-abu dengan sapuan keputih-putihan yang menegaskan alis yang pucat, garis kumis, dan kekang. Tubuh bagian bawah burung muda bercoret dan sayapnya berwarna merah-karat. Mirip dengan jenis-jenis burung Namdur, bedanya jenis-jenis Namdur memiliki warna bulu lebih coklat dengan leher lebih panjang dan bentuk paruh yang lebih tumpul dan tebal. Juga mirip betina Burung-ara, bedanya tidak terdapat coretan di bagian bawah tubuh Anis-bentet kelabu.

Suara Kicauannya cukup keras dengan berbagai variasi, mirip siulan jenis-jenis Kancilan. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
0 Komentar untuk "Merdu dan tajamnya suara burung anis bentet kelabu"
Back To Top