Suara burung cabe jawa/kemade

Burung cabe/cabai jawa yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai scarlet-headed flowerpecker (Dicaeum trochileum) ini termasuk salah satu jenis burung endemik Indonesia.Spesies ini hanya bisa ditemukan di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera dan Kalimantan. Di dalam bahasa lokal di jawa khususnya,burung ini juga dikenal sebaga burung Kemade/kemladen/  atau juga sebagai burung talokan karena sering terlihat di pohon talokan dan makan buah talokan.
mp3 burung kemade jawa
img by torasphoto.blogspot.com

Burung Cabai jawa merupakan spesies burung dari keluarga Dicaeidae , dari genus Dicaeum. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah benalu, biji, serangga keci dan memiliki habitat di pekarangan, perkotaan, habitat terbuka, pantai, hutan bakau.

Burung jantan memiliki warna bulu merah padam atau agak jingga di bagian kepala, punggung, tunggir, dan dada. Bagian perut putih keabu-abuan, serta ada bercak putih pada lengkung sayapnya. Burung betina hanya memiliki warna merah di bagian tunggir. Tubuh bagian atas cokelat, dan bagian bawah berwarna putih kusam.

Burung muda: Tubuh bagian atas coklat kehijauan. Bercak jingga pada tunggir. Iris coklat, paruh hitam, kaki hitam. Bersifat aktif terbang hilir mudik dengan cepat. Sering mengunjungi benalu untuk memakan buahnya yang lengket. Sarang berbentuk kantung menggantung, dari rumput dilapisi kapas rumput, pada ujung pohon tinggi. Telur berbintik tipis, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Januari- Oktober, April, Mei.

Suara burung ini terdengar kasar dan keras serta crecetannya panjang,hampir mirip dengan suara burung love bird,Berikut ini tampilan sonogram dari audio burung kemade hasil konversi editan saya yang sudah saya kurangkan noisenya sampai 80% dari suara asli dari video yang agak berisik,
burung cabe jawa mp3

Banyak orang memelihara burung ini hanya sebagai burung masteran. Nah bagi yang membutuhkan mp3 suara burung jawa bisa langsung download di bawah ini,gunakan komputer/laptop jika tidak bisa download.
Download mp3 suara burung cabe yang lain juga dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
9 Komentar untuk "Suara burung cabe jawa/kemade"
Back To Top