Suara Burung Cendrawasih Merah

Download mp3 suara burung cendrawasih merah. Burung cenderawasih merah merupakan salah satu spesies burung cantik yang sering disebut sebagai (bird of paradise) endemik Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai red bird-of-paradise (Paradisaea rubra). Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya, burung ini dikelompokkan dalam keluarga Paradisaeidae dan dalam Genus: Paradisaea.
Suara burung cenderawasih merah mp3

Burung Cendrawasih merah ini  hanya ditemukan di hutan dataran rendah di pulau Waigeo dan Batanta di kabupaten Raja Ampat, provinsi Irian Jaya Barat. Berukuran sedang dengan panjang sekitar 33 cm berwarna kuning dan coklat, dan berparuh kuning. Burung jantan dewasa berukuran sekitar 72 cm yang termasuk bulu-bulu hiasan berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih pada bagian sisi perutnya, bulu muka berwarna hijau zamrud gelap dan diekornya terdapat dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, dengan muka berwarna coklat tua dan tidak punya bulu-bulu hiasan.

Cendrawasih merah adalah spesial yang bersifat poligami . Burung jantan memikat pasangan dengan ritual tarian yang memamerkan bulu-bulu hiasannya. Setelah kopulasi, burung jantan akan meninggalkan burung betina dan mulai mencari pasangan yang lain (jangan ditiru, ini merupakan potret manusia yang bermodalkan ketampanan tapi tidak setia). Burung betina menetaskan dan mengasuh anaknya sendiri (sungguh tidak bertanggung jawab si pejantan).

Pakan burung Cendrawasih Merah terdiri dari buah-buahan dan aneka serangga. Burung ini dievaluasikan sebagai spesies burung yang hampir terancam punah di dalam IUCN Red List Burung ini didaftarkan dalam CITES Appendix II.

Suara burung ini sangat keras,teriak- teriak seperti jenis burung cendrawasih pada umumnya. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
8 Komentar untuk "Suara Burung Cendrawasih Merah"

Burung yang bagus tapi sayang terancam punah ya mas...

kalo burung bagus pasti terancamnya punah.kalo punah nanti ga adalagi burung kaya gini dong..

ya semoga saja tidak ada yang mengusik keberadaannya

iya,,karena keelokannya ini banyak orang yang ingin memeliharanya

Wah, burung yg mandiri ya, meskipun tanpa si jantan tetap mengasuh anaknya sendiri, yg jantan pengen enaknya doank..

itu buntutnya ya mas yg ngacir ada 2 ??

banyak ditiru manusia kan :D

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top