Suara burung cikrak daun/blereng

Burung Cikrak daun atau ada juga yang menyebutnya dengan burung blereng dan berbagai penyebutan berdasarkan daerah yang berbeda-beda untuk burung ini, misalnya burung tralis, pare-pare, atau sirlis. Dalam bahasa Inggris di sebut mountain leaf warbler (Phylloscopus trivirgatus).
Burung ini merupakan spesies burung dari keluarga Phylloscopidae, dan dari genus Phylloscopus.

Suara burung cikrak daun/blereng

Dulu genus ini dimasukkan dalam keluarga Sylviidae,namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, genus dan semua spesies di dalamnya dipindahkan dalam keluarga  Phylloscopidae atau Old world warbler. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat kupu, kumbang kecil, lebah, semut dan memiliki habitat di hutan gunung, perbukitan, tepi hutan, zona alpin,yang tersebar pada ketinggian 800-3.000 m dpl.

Ciri-ciri fisik burung Cikrak daun: memiliki tubuh berukuran agak kecil (11 cm). Strip mahkota tengah dan alis mata kekuningan mencolok. Tubuh bagian atas kehijauan. Tanpa garis pada sayap. Tubuh bagian bawah kekuningan. Iris hampir hitam, paruh atas hitam, paruh bawah kemerahan, kaki keabu-abuan.

Suka mengunjungi puncak pohon tinggi. Hidup dalam kelompok berbaur dengan jenis lain. Mencari makan pada tajuk, paku-pakuan, anggrek epifit. Sarang berupa tumpukan tidak rapat, dari lumut, pada pohon, pakis, batu, atau tanaman tepi jalan, dekat permukaan tanah. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Januari- Oktober.

Habitat dan wilayah penyebarannya ada di  Semenanjung Malaysia, Sunda Besar. Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan juga Bali.

Suara kicaunya terdengar sangat lantang,nada suaranya tinggi, memiliki karakter suara yang bagus untuk ukuran burung kecil. Silahkan download dan dengarkan audio mp3 suara burung cikrak daun atau blereng dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
5 Komentar untuk "Suara burung cikrak daun/blereng"
Back To Top