Suara burung cucak kurincang/kutilang sutera

Burung cucak kurincang atau banyak yang mentebutnya sebagai burung cucak sutera maupun burung cepcep. Pemerian nama cepcep ini merupakan sebutan nama lokal di daerah bangka,sumatera utara. Memang suara dari burung ini terdengar seperti kata cep cep cep yang berulang-ulang.
Suara burung cucak kurincang atau kutilang sutera

Burung ini tersebar di beberapa daerah di Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia sendiri, burung ini tersebar di Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan. Namun paling banyak berada di sumatera,karena pantauan saya di berbagai pasar burung di jawa kebanyakan burung dari sumatera. Di kawasan Candi Borobudur Magelang saya juga pernah merlihat spesies ini.

Burung bertubuh ukuran sedang (17 cm) dengan warna kekuningan ini memiliki warna kepala hitam berkilau. Tenggorokan hitam. Tubuh bagian atas zaitun kekuningan. Sayap kehitaman. Ekor kehitaman dengan ujung kuning mencolok. Tubuh bagian bawah kuning kehijauan.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Black-headed Bulbul (Pycnonotus atriceps) yang termasuk dalam suku Pycnonotidae (cucak-cucakan). Burung ini mampu membawakan aneka lagu dalam kicauannya. Suaranya asli dialam cukup sederhana,terdengar hanya suara monoton dan tidak rapat. Berbeda dengan suara burung yang sudah dipelihara.

Berikut ini saya ada mp3 suara burung cepcep/kutilang sutera/cucak kutincang antara suara asli di hutan dan suara yang sudah dipelihara.
Suara burung cepcep yang sudah dipelihara:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara burung cucak kurincang/kutilang sutera"
Back To Top