Suara burung gelatik sultan/serai sultan

Burung gelatik sultan atau dalam bahasa melayunya disebut Burung Serai sultan ini merupakan salah satu anggota keluarga Paridae, dan termasuk kerabat burung gelatik batu (Parus major). Gelatik batu sultan atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Sultan tit  (Melanochlora sultanea) ini merupakan satu-satunya spesies dari genus Melanochlora.
mp3 sultan tit bird
Img by Jon @npss.org.sg

Gelatik sultan merupakan burung pengicau yang memiliki panjang tubuh mencapai 17 cm, dengan jambul berwarna kuning, Tubuh bagian atas kehitaman, dan tubuh bawah kekuningan. Penampilan burung jantan dan betina hampir sama. Hanya saja, pada burung betina, bagian atasnya berwarna hitam bercampur kehijauan dan bagian tenggorokan kuning. Pada burung remaja, bulu -bulunya berwarna lebih kusam dan jambulnya lebih pendek.

Wilayah persebaran burung gelatik sultan meliputi kawasan Himalaya, wilayah selatan China, Asia Tenggara (Thailand, Myanmar, Vietnam) termasuk Semenanjung Malaysia. Suara kicauannya hampir sama dengan suara burung gelatik batu, namun lebih lantang / nyaring dan sedikit lebih bervariasi.
Silahkan dengarkan dan download audionya dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Suara burung gelatik sultan/serai sultan"
Back To Top