Suara burung great tit (gelatik batu sejati)

Burung great tit atau burung gelatik batu sejati ini merupakan burung yang sangat mirip dengan burung gelatik batu atau gelatik wingko yang kita kenal di Indonesia. Perbedaannya hanya warna bulu,jika burung gelatik batu yang ada di Indonesia identik dengan warna hitam, putih dan silver. Sedangkan burung great tit ini warnanya kuning kehijauan (semi zaitun),hitam dan silver.

Burung ini memang terlihat lucu dan imut,tapi burung ini memiliki sifat dan kelakuan yang tidak baik. Selain suka mencuri makanan burung lain juga memiliki insting membunuh. Memiliki sifat yang sangat kejam. Beberapa ilmuwan bahkan menjuluki mereka sebagai Zombie tit, lantaran sifat mereka yang bisa menjadi mesin pembunuh yang kadang hobi memakan otak ketika lapar.

Kekuatan burung gelatik ini terletak pada paruhnya yang berukuran kecil namun cukup kuat untuk memecahkan kulit kenari, kacang, dan bji-bijian lainnya. Bukan itu saja, spesies ini pun terkenal cukup agresif, mereka akan menyerang tempat penyimpanan makanan yang dibuat oleh burung sejenisnya dan terkadang mereka akan berperilaku sebagai pemakan bangkai.
Suara burung great tit (gelatik batu sejati)

Dengan paruhnya yang kuat itu, mereka memiliki naluri pembunuh. Hal tersebut diperkuat oleh beberapa laporan ilmiah yang menyebutkan bahwa ketika ada kesempatan, Great tit tidak akan ragu memanfaatkan paruhnya yang kuat untuk membunuh burung kecil lainnya.

Burung Great Tit ini akan menyerang burung kecil dan lemah, membelah tengkorak mereka dengan paruhnya yang kuat untuk menyantap otak mereka. Dan bahkan juga menghabisi kelelawar untuk tujuan sama. Kata ahli burung Howard Saunders dalam sebuah tulisannya pada tahun 1899.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 silam mengamati pembunuhan kelelawar oleh Great tit. Menurut penelitian tersebut, burung gelatik ini ternyata terkadang keluar masuk gua mencari kelelawar untuk membunuhnya lalu memakan otaknya. (agrobur)

Meskipun burung kejam,tapi suaranya cukup bagus,bisa dimanfaatkan untuk memaster burung peliharaan. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kucau mania.
13 Komentar untuk "Suara burung great tit (gelatik batu sejati)"
Back To Top