Suara burung merbah jambul/kutilang jambul

Burung kutilang jambul atau dalam bahasa Inggrisnya disebut red-whiskered bulbul (Pycnonotus jocosus) ini merupakan salah satu spesies burung bulbul atau cucak-cucakan. Nama Merbah jambul adalah sebutan untuk burung jenis kutilang yang satu ini di Malaysia. Dalam bahasa melayu nya,nama burung kutilang dan semua jenis cucak-cucakan disebut sebagai Burung Merbah.
Suara burung merbah jambul/kutilang jambul
cyclingtheworldforbirds.blogspot.com

Kutilang jambul memiliki wilayah persebaran mulai dari kawasan Pegunungan Himalaya (Nepal), Asia Selatan (India, Bangladesh, Srilanka), wilayah selatan Tiongkok, Hongkong, hingga Asia Tenggara kecuali Indonesia, Brunei, dan Filipina.

Penampilan burung ini memang sangat menarik,dengan warna bulu yang indah ditambah dengan jambulnya yang unik. Selain itu,burung ini juga mempunyai suara yang bagus. Bahkan di negara tetangga yang banyak ditemukan jenis burung kutilang jambul ini seperti di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan China menjadi salah satu jenis burung lomba terfavorit disana.

Setiap kali  ada perlombaan burung, jenis burung kutilang jambul ini mempunyai kelas paling banyak diantara burung kicau yang dilombakan lainnya seperti burung murai batu dan burung kacer. Harga burung ini cukup mahal di negara habitatnya. Di malaysia kisaran 300ringgit (1jt rupiah) hingga ribuan ringgit per ekornya.

Di Indonesia sendiri meskipun tidak dijumpai spesies burung ini dihutan,tapi ada beberapa orang yang memilikinya. Para pemilik burung kutilang jambul ini di Indonesia biasanya mereka dapatkan dari saudara yang ada di malaysia maupun para tenaga kerja Indonesia yang bekerja disana.

Untuk memiliki burung ini di Indonesia sangat sulit mengingat bukan jenis burung yang habitatnya ada di Indonesia, jadi bagi Anda yang penasaran seperti apa suara kicaunya?,bisa langsung download dan dengarkan audionya dibawah ini. Suara burung ini tidak jauh berbeda dengan suara burung kutilang yang ada di Indonesia. Hanya saja lagu-lagu yang dinyanyikan burung ini agak bervareasi.

Suara burung kutilang jambul Asli di Alam
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
6 Komentar untuk "Suara burung merbah jambul/kutilang jambul"
Back To Top