Suara Burung Sepah Hutan/ Orange Minivet

Burung Sepah hutan atau Orange Minivet (Pericrocotus flammeus ) adalah spesies burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Pericrocotus. Burung ini merupakan sub spesies dari burung sepah hutan himalaya atau Scarlet Minivet. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, jangkrik, kecoa, dan juga serangga lainnya.
mp3 burung mantenan

Habitatnya dapat dijumpai di hutan primer, dataran rendah, perbukitan. Tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Ciri-ciri Sepah hutan memiliki tubuh berukuran besar (19 cm). Burung  Jantan: Warna hitam-biru. Dada dan perut merah. Tungging, sisi luar bulu ekor merah. Dua bercak merah pada sayap. Betina: Warna punggung lebih abu-abu. Warna merah digantikan kuning, melebar sampai tenggorokan, dagu, penutup telinga, dan dahi. Iris coklat, paruh hitam, kaki hitam.

Hidup berpasangan atau dalam kelompok. Berlompatan di antara puncak pohon berdaun halus. Sarang berbentuk cawan, dihiasi lumut dilekatkan dengan sarang laba-laba, pada cabang pohon tinggi. Telur berwarna biru, berbintik kemerahan, jumlah 2 butir. Berbiak pada bulan Mei-Juni.

Penyebarannya meliputi India, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Filipina, Sunda Besar. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Lombok.
Suaranya keras melengking, sama seperti burung sepah yang lainnya. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
4 Komentar untuk "Suara Burung Sepah Hutan/ Orange Minivet"

emang warna burungnya oren gitu ya mas? hehe

untuk yang jantan iya,,kalau yang betina agak kuning

saya baru tahu mas ternyata ada toh burung sepah itu, kalau di sini sepah kan artinya gak enak atau gak ada rasanya

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top