Suara kicau merdu burung Snowy crowned robin-chat

Burung snowy-crowned robin-chat (Cossypha niveicapilla) adalah spesies burung pengicau dari keluarga Muscicapidae dalam Genus: Cossypha. Karena bukan merupakan burung yang ada di Indonesia,maka nama burung ini tidak dikenal berdasarkan penyebutan di Indonesia.
Snowy crowned robin-chat song

Burung ini merupakan burung endemik benua Afrika dengan rentang penyebaran dari pusat selatan Mauritania, Senegal, Gambia dan Sierra Leone timur ke Sudan dan barat Etiopia, ke selatan Kamerun dan Danau Victoria Basin. Populasinya juga ada di Gabon, Republik Kongo dan Republik Demokratik Kongo Angola. Sebagian besar burung ini mendiami hutan subtropis maupun hutan tropis dataran rendah kering atau lembab, serta savana lembab.

Tampilan burung ini sangat cantik dengan warna orange tua yang mendominasi bulu tubuhnya. Selain itu juga ada warna hitam dibagian sayap dan kepalanya. Di bagian atas kepalanya terdapat warna putih membelah. Hampir menyerupai burung jenis Shama atau Murai batu dengan ekor yang panjang.

Secara keseluruhan berdasarkan informasi yang saya kutip dari wikipedia, wilayah penyebaran burung ini cukup luas di Afrika. Yaitu meliputi Angola, Benin, Burkina Faso, Burundi, Cameroon,Republik Afrika Tengah, Chad, Republic of the Congo, Democratic Republic of the Congo, Ivory Coast , Ethiopia, Gabon, Gambia, Ghana , Guinea, Guinea-Bissau, Kenya , Liberia, Mali, Mauritania, Niger , Nigeria, Rwanda, Senegal, Sierra Leone, Sudan, Tanzania, Togo , and Uganda.

Suara kicau burung ini cukup bagus,merdu dan mampu menirukan suara kicau burung jenis lain (mimikri) seperti sebagian besar burung dari keluarga Muscicapidae. Silahkan bisa di dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Suara kicau merdu burung Snowy crowned robin-chat"
Back To Top