White tailed rubythroat/himalayan rubythroat

White-tailed rubythroat atau Himalayan rubythroat (Luscinia pectoralis) merupakan jenis burung pengicau yang dikelompokkan dalam keluarga Muscicapidae. Burung ini dimasukkan dalam Genus: Luscinia bersama dengan burung Bluethroat,Nightingale dan Syberian Rubythroat. yang pernah saya posting beberapa waktu lalu.
White tailed rubythroat/himalayan rubythroat mp3

Warna bulu burung jantan adalah coklat kelabu di bagian atas tubuhnya, dahi putih dan supercilium. Sayap kecoklatan dan ekor kehitaman dengan dasar putih tips. Sisi tenggorokan dan dada berwarna hitam, dagu dan tenggorokan berwarna merah. Hitam di bagian dada dengan kombinasi warna abu-abu. Perut dan ventilasi yang putih.

Pada burung Betina, berwarna abu- abu kecoklatan di bagian atas tubuhnya. Bagian tenggorokan berwarna keputihan.

Wilayah penyebaran burung ini dapat ditemukan di Asia Tengah dan India, mulai dari Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Kazakhstan, Myanmar, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan, Thailand, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Suara kicaunya cukup bagus,namun tidak sebagus suara burung Siberian Rubythroat yang mirip dengan burung ini hanya berbeda warna dan postur tubuhnya. Silahkan dengarkan dan download audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : bird song
1 Komentar untuk "White tailed rubythroat/himalayan rubythroat"
Back To Top