Bangkit lagi dari keterpurukan

Blog Timkicau yang dulu bernama Tiyang Magelang sudah kembali pulih setelah 2 hari tidur dan menghilang dari serp. Terhitung mulai kemarin sore, satu persatu artikel muncul dan kembali ke posisi awal, meskipun belum keindek semua. Selama 2 hari menghilang dari pencarian di google, saya kira akan terpuruk dan down terus dengan waktu yang lama. Tapi ternyata google baik hati.
blog tiyang magelang

Saya perhatikan dan amati terus setiap waktu dari perubahan yang terjadi selama proses crawl ulang. Di waktu malam sebelum blog ini down, saya sempat merubah setting robot.txt dan tag judul khusus pada settingan blogger. Kemudian di siang hari berikutnya saya lihat di statistik blog mengalami penurunan yang sangat tajam.

Blog ini jadi terlihat seperti blog yang usianya dibawah 3 bulan, yaitu dengan pageview yang hanya 1-3 ribuan saja perhari. Selain itu juga saya mengamati mulai dari jumlah artikel yang terindek google disaat jatuhnya kemarin dengan menggunakan keyword site:tiyangmagelang.blogspot.com. Setiap 2 jam sekali saya perhatikan betul-betul jumlah post yang muncul. Dari total 600an post kemarin hanya tersisa 96post yang terindek google, yang lainnya sedang tidur pulas.

Kemudian saya rubah beberapa settingan dan daleman blog ini yang akhirnya mampu mendongkrak kembali dari keterpurukan. Alkhamdulillah dari 96 post yang terindek sedikit demi sedikit bertambah menjadi 105,kemudian 108, lalu meningkat tajam menjadi 130an dan terus bertambah menjadi 160an dan akhirnya bangun semua dari tidurnya selama 2 hari.

Saya tidak terlalu khawatir sebelumnya, cuma sedikit mengurangi rasa semangat untuk melanjutkan posting atau tidak. Saya percaya ketika sebuah situs yang bermasalah di serp itu tidak akan terjadi masalah besar ketika tidak ada notifikasi apapun di blogger maupun wapmaster. Semua saran dari temen-temen blog saya terima dan pelajari lebih jauh termasuk saran dari mbahnya Kampung Blogger Magelang yaitu Om Sembodo Malik.

Kini blog ini sudah kembali normal dan siap melanjutkan misi yang kedua untuk mencapai sasaran berikutnya. Salam.
Tag : blogger, Catatan
9 Komentar untuk "Bangkit lagi dari keterpurukan"
Back To Top