Blog terpuruk,mengheningkan cipta sejenak

Pengalaman berblogging itu cukup banyak selama kurang lebih 4 th. Ada pengalaman manis,ada juga pahit,tapi lebih banyak pahitnya sih. Sudah sering begadang karena siang hari kerja, eh si embah gogelnya ngambek. Apa yang terjadi?,semua itu karena ulah jahil tangan sendiri. Bagi saya seperti ini adalah hal yang wajar. Jika tidak ada kesalahan maka kita tidak mau untuk belajar,iya too?.

Akhir-akhir ini saya jarang online untuk blogwalking,palingan cuma buat posting terus tinggal begitu saja. Kalau ada yang memberikan komentar juga saya balas berkomentar di blognya.

Ada beberapa faktor yang membuat saya malas. Yang pertama memang karena mau puasa,jadi pekerjaan itu cukup banyak. Nah yang kedua ini adalah bagian dari target ngeblog. Untuk masalah artikel sudah sesuai targed yang saya mau, yaitu 600 artikel di bulan mei.

Ada masalah lain yang sedang dialami blog ini, yaitu banyak artikel hilang dari posisi awal yang kebanyakan berada di halaman 1-3 google search engine. Penyebabnya bukan karena copas artikel,karena saya sudah berhenti ngopas, paling cuma rewrite saja :D . Penyebabnya adalah karena merubah settingan robot.txt.

Kalian pasti tahu setiap kali mau melakukan perubahan atau mengaktifkan robot.txt itu ada pesan supaya berhati-hati. Nah,sehari sebelum blog ini down,saya rubah-rubah setting robot.txt tersebut karena adanya duplikat tag judul dan meta deskripsi yang cukup banyak.

Kalian bisa lihat akibatnya jika salah setting robot.txt seperti statistik blog saya berikut ini.
Sangat kacau bukan?, seharusnya sudah mencapai 10rb pageview pada jam sesungguhnya,tapi yang terjadi hanya 2rb saja.
kesalahan robot txt


Sambil tepuk jidat melihat fenomena ini. Artikel yang tidak terindek saat ini mungkin sedang disimpan google karena tidak ada masalah di google wapmaster. Seperti bulan sebelumnya blog ini juga mengalami masalah yang gawat. Di google wapmaster muncul tanda peringatan seperti gambar dibawah ini.

kesalahan robot txt
Berhati-hatilah jika merubah pengaturan robot.txt,bisa jadi blog Anda akan bernasib seperti blog ini yang sedang di abaikan google. Saya cuma berharap sekitar 1x24 jam performa blog ini pulih seperti sedia kala,atau bahkan akan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Semoga tidak terjadi sesuatu yang fatal,silahkan kasih saran untuk perbaikan.
Tag : blogger, Catatan
16 Komentar untuk "Blog terpuruk,mengheningkan cipta sejenak"
Back To Top