Burung cucak hijau palawan

Burung cucak hijau palawan- Burung cucak hijau atau cucak ijo adalah jenis burung pengicau yang identik dengan warna hijau di sebagian besar bulu tubuhnya. Burung cucak hijau yang kita kenal saat ini jika burung cucak ijo jantan berarti tenggorokannya hitam,jika tidak berarti betina. Jika burung masih usia muda,warna hitam di bagian tenggorokannya adalah kuning keputihan,antara burung jantan dan betina nyaris tidak ada perbedaan.
Burung cucak hijau palawan song
img by chiwitchronicles.blogspot.com

Tahukah bahwa ada satu spesies burung cucak hijau yang tenggorokannya kuning. Ini adalah burung cucak hijau yang habitatnya hanya berada di negara Filipina. Namanya adalah Palawan leafbird atau juga dikenal yellow-throated leafbird (Chloropsis palawanensis).

Burung ini masih satu kerabat den burung cucak hijau yang lainnya atau Leafbird (burung daun) yang merupakan keluarga dari Chloropseidae. Burung Cucak hijau palawan ini merupakan jenis burung endemic di Palawan, Philippines. Yang berarti tidak dijumpai di daerah lain.

Memiliki ukuran tubuh yang kecil,hampir sama dengan cucak ranti, berwarna hijau dengan tenggorokan kuning agak orange dicampur dengan semburat warna biru yang menghiasi bagian tepi sayap,ekor dan sedikit di bagian pipinya. Warna hijau pada jenis burung cucak hijau ini membuatnya sangat sulit untuk dilihat di antara daun yang berwarna hijau.

Burung Palawan leafbird umumnya ditemukan di hutan dan tepi hutan. Dapat ditemukan di Balabac, Busuanga, Calauit, Coron, Culion, Dumaran, dan daratan Palawan.

Suara kicau burung yang satu ini juga bagus di alam. Silahkan dengarkan 2 koleksi audio mp3 suara burung cucak hijau palawan atau palawan leafbird dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung cucak hijau palawan"
Back To Top