Burung kenari gunung,kenari asli indonesia

Burung kenari gunung atau disebut juga Kenari Melayu yang dalam bahasa Inggrisnya disebut mountain serin (Serinus estherae) ini merupakan salah satu spesies finch/pipit yang tergolong dalam keluarga Fringillidae atau pipit sejati. Burung ini masih sekerabat dengan jenis-jenis burung kenari (serinus). Penamaan kenari lokal pada jenis burung kenari import di Indonesia itu sebenarnya kurang tepat. Ya,jenis burung kenari berwarna-warni yang sudah marak tersebar di berbagai penjuru Indonesia itu bukan burung asli Indonesia,melainkan burung kenari import.
Burung kenari gunung,kenari asli indonesia

Jenis dari kenari yang di masukkan ke Indonesia juga cukup banyak, ada yorkshire, timbrado, gloster, roller dan lain sebagainya. Ada juga di kalangan masyarakat umum yang menyebutnya dengan F1, F2, F3, f1ys dan banyak lagi,entah yang nyebut itu ngarti kagak dengan penamaan yang di ucapkannya. Yang paling sering saya dengar adalah kenari lokal dan loper (lokal super).

Kenapa disebut kenari lokal?,menurut banyak orang karena posturnya yang kecil. Padahal kenari lokal yang sesungguhnya adalah kenari gunung ini yang habitatnya hanya ada di Indonesia dan sebagian di jumpai juga di Filipina.

Burung ini berukuran kecil (11cm), berwarna kuning dan abu-abu. Ciri burung jantan berdahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam, tunggir kuning terang, sayap hitam dengan mantel abu-abu, tenggorokan hitam, perut putih bercoret hitam. Sedangkan burung betina hampir mirip jantan tetapi tunggir kuning lebih suram dan dada kurang berbintik.

Penyebaran burung kenari melayu secara global adalah Filipina, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Sedangkan penyeberaran lokal ada di Sumatera dan hanya diketahui di daerah padang dan semak alpin di Gunung Leuser serta puncak-puncak di sekitarnya. Di Pulau Jawa ditemukan di Gunung Gede, Pangrango, Papandayan, Slamet, Dieng, Lawu, dan Gunung/pegunungan Tengger.


Tampilan bulunya keren dengan pola warna garis-garis yang menarik. Tapi sayangnya suara kicaunya tidak sebagus suara burung kenari yang sudah sering kita dengarkan. Bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini:
  • Suara burung kenari gunung (coming soon)
Meskipun suara kicaunya sangat sederhana, tapi banyak diantara pecinta burung finch memelihara burung ini sebagai burung hias saja, dan juga ada diantara mereka yang mencoba untuk menyilangkannya dengan jenis finch yang lain.
10 Komentar untuk "Burung kenari gunung,kenari asli indonesia"
Back To Top