Burung Snow bunting,burung pipit penghuni samudra arktik

Burung Snow Bunting adalah salah satu jenis burung penghuni Samudra Arktik. Yaitu samudra terkecil dan terdangkal di antara lima samudra di dunia, tempatnya  berlokasi di belahan utara bumi dan kebanyakan berada di wilayah Arktik Kutub Utara.

Snow bunting song mp3

Burung snow bunting ini ditemukan di pusat Skotlandia dan Saint Elias Mountainson selatan,perbatasan antara Alaska-Yukon. Memiliki panjang tubuh sekitar 15-18 cm dan dengan lebar sayap 32-38 cm dan beratnya sekitar 26-50 g.

Ada beberapa ras atau sub spesies dari Snow bunting, jadi untuk mendefinisikan secara fisik jika dilihat dari segi warna bulunya ini sangat berfareatif atau tidak melulu sama. Dalam beberapa penelitian, warna burung pada jenis ini akan berubah ketika musim kawin tiba. Disaat musim selain musim perkembang biakan,antara kedua jenis burung snow bunting ini sangat mirip dan nyaris tidak ada perbedaan. Namun ketika menjelang musim kawin tiba,masing-masing jenis kelamin akan berubah warna,termasuk warna pada paruhnya.

Gambar burung diatas adalah ketika bukan musim kawin,warna bulu coklatnya akan berubah menjadi hitam di bagian atas tubuhnya,tepat di bagian punggung dan ujung sayap untuk jenis burung snow bunting jantan. Sedangkan untuk burung betina hanya tampil lebih cerah dari musim-musim yang lain disaat musim perkembang biakannya.

Jika diperhatikan seksama,tampilannya sangat mirip dengan burung jenis gereja amerika/american sparrow yang dikenal dalam bahasa ilmiahnya dengan Emberizidae.Burung ini berukuran sedang dengan paruh pendek dan tebal, mirip juga dengan burung finch. Makanan utamanya adalah biji-bijian dan juga serangga kecil sebagai makanan selingan.

Suara kicaunya juga lumayan bagus,silahkan bagi yang ingin menambah koleksi mp3 suara burung berkicaunya bisa langsung download dibawah ini. Anda bisa mendengarkan terlebih dahulu jika menggunakan komputer/laptop.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung Snow bunting,burung pipit penghuni samudra arktik"
Back To Top