Kicau burung Common bulbul

Burung common bulbul (Pycnonotus barbatus) adalah jenis burung pengicau dari keluarga bulbul atau cucak. Burung jenis ini merupakan salah satu jenis burung kutilang yang memiliki habitat asli di seluruh Afrika. Nama lain termasuk cucak bermata hitam atau black-eyed bulbul.
Kicau burung Common bulbul

Di habitat aslinya,burung ini dapat ditemukan di hutan, semak, tepi hutan, semak sungai, pegunungan, dan di kawasan pertanian penduduk setempat. Selain itu juga sering kali terlihat di pedesaan, kebun, dan taman-taman kota seperti burung kutilang pada umumnya.

Memiliki 3 sub spesies,diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Dodson's bulbul (Pycnonotus (barbatus) dodsoni ) 
  • Somali bulbul (Pycnonotus (barbatus) somaliensis) 
  • Dark-capped bulbul (Pycnonotus (barbatus) tricolor)

Penampilan fisik pada umumnya sama dengan tampilan burung kutilang yang ada di Indonesia. Kepala hitam dengan warna abu-abu gelap di tubuh bagian atas,bagian bawah putih kusam,ekor hitam,paruh dan kaki juga hitam dan bagian tunggirnya kuning agak orange.

Suara kicauannya juga khas dengan suara kutilang. Namun ada beberapa lagu yang enak dan lembut di dengar. Selain itu,nada alarmnya juga bisa digunakan untuk memaster suara kicau burung lain. Silahkan dengarkan dan download audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Kicau burung Common bulbul"
Back To Top