Kicau burung meadow pipit untuk masteran

Burung meadow pipit (Anthus pratensis) adalah jenis burung passerine/pengicau berukuran kecil yang banyak berkembang biak di  bagian utara Eropa dan juga Asia baratlaut, dari tenggara Greenland dan Islandia timur,Pegunungan Ural di Rusia, dan selatan ke tengah Perancis dan Rumania, ada juga sebagian populasi yang terisolasi di Pegunungan Kaukasus.
 burung meadow pipit untuk masteran
Mirip dengan burung branjangan,img from www.birdwatchireland.ie

Burung jenis ini merupakan jenis burung migrasi yang memiliki jangkauan cukup jauh, ketika musim dingin di Eropa selatan, mereka akan mengungsi ke utara Afrika dan Asia barat daya, tetapi ada juga burung yang  tetap tinggal atau hanya bermigrasi dengan jarak dekat di beberapa kawasan di Benua Eropa seperti di Irlandia, Inggris, dan wilayah Eropa bagian Barat. Kebanyakanan burung hanya pindah ke pantai atau dataran rendah ketika musim dingin.

Burung meadow pipit ini memiliki ukuran panjang 14-15 cm dan berat badan sekitar 15-22 g. Memiliki warna bulu coklat di bagian atas dan di bawah, dengan garis-garis gelap melesat pada sebagian besar bulu tersebut. Ekor berwarna coklat, dengan sisi tepi putih sedikit. Memiliki paruh tipis berwarna merah muda kekuningan agak kusam ,cakar belakang panjang, selalu mencari makan di tanah, namun akan  bertengger tinggi seperti semak, garis pagar atau kawat listrik sebagai media area pandang untuk melihat jika ada predator di sekelilingnya.

Makanan utama burung ini adalah serangga dan invertebrata lainnya yang mempunyai ukuran kecil kurang dari 5 mm. Selain itu juga memakan biji rumput, daun, bergegas, dan juga buah berry, terutama ketika musim dingin tiba.

Suara kicauan burung ini juga cukup bagus,mirip dengan suara burung Water Pipit yang sudah pernah saya posting di beberapa waktu lalu. Terdengar monoton dari awal nada suaranya,memanjang dan diakhiri dengan vareasi lagu yang berbeda,mirip dengan vareasi akhiran lagu kicau burung kenari. Namun lebih cenderung terdengar monoton. Untuk lebih jelasnya silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Kicau burung meadow pipit untuk masteran"
Back To Top