Kicau merdu burung cocoa thrush

Burung cocoa thrush (Turdus fumigatus) adalah jenis burung anis/punglor yang hidup dan  berkembang biak di Amerika Selatan dari Tenggara Kolombia dan timur ke Brasil tengah dan timur, dan di Trinidad juga sebagian kecil di Antilles. Habitat burung ini berada di hutan lebat pada umumnya.
cocoa thrush mp3
img by www.flickr.com

Sarang berbentuk cangkir besar berjajar dari ranting rendah di pohon atau ranting pepohonan. Cocoa thrush memiliki panjang 22-24 cm. Bulu tubuh berwarna coklat karat gelap di atas dan warna coklat pucat karat di bagian bawah. Ada lima ras atau sub spesies dari jenis burung ini, yang membedakan adalah kecerahan warna bulunya.

Jenis kelamin antara jantan dan betinanua mempunyai kemiripan, tapi untuk burung muda lebih cenderung kusam. Makanan utama burung ini adalah serangga, semut dan juga buah-buahan. Burung ini termasuk spesies burung pemalu, tapi terlihat jinak dan tidak terlalu agresif jika terlihat manusia.
Suara kicaunya cukup merdu, dan juga sering mengeluarkan berbagai nada panggilan khas 'chuck dan chak'. Silahkan dengarkan suaranya dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
3 Komentar untuk "Kicau merdu burung cocoa thrush"
Back To Top