Kicau merdu burung murai batu hitam/murai cebu

Murai batu hitam adalah salah satu jenis burung murai batu atau Shama. Dalam bahasa Internasional nya disebut Black shama (Copsychus cebuensis), sedangkan dalam bahasa lokal di Indonesia disebut murai cebu. Namun spesies ini sepertinya sudah tidak dijumpai lagi di Indonesia. Mungkin juga keberadaannya bisa di hitung mengingat bukan burung asli Indonesia.
Kicau merdu burung murai batu hitam mp3

Burung murai hitam ini merupakan burung endemik di Pulau Cebu, Filipina. Yang artinya hanya dapat dijumpai di kawasan filipina saja untuk habitat aslinya. Warga Cebu menyebutnya siloy atau siloy itom. Berdasarkan IUCN Red List, burung ini dalam status Endangered atau terancam punah, karena populasinya di alam liar menurun drastis. Jadi mustahil rasanya kalau sekarang mau mengimport burung murai hitam ini. Kecuali melalui penyelundupan :D .

Murai hitam memiliki ukuran medium, dengan seluruh bulu berwarna kehitaman. Burung jantan memiliki bulu berwarna hitam berkilau kebiruan. Burung betina berwarna hitam keabuan (hitam kusam), dengan postur lebih kecil daripada burung jantan.

Untuk suara kicauannya, terdapat sedikit perbedaan dari kicauan murai batu yang sudah familiar di negeri kita. Sekilas, suara kicauannya terdengar mirip suara siulan yang lembut. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini:
Untuk pengguna ponsel silahkan baca petunjuk cara download di atas, Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
0 Komentar untuk "Kicau merdu burung murai batu hitam/murai cebu"
Back To Top