Srigunting gagak

Srigunting gagak (Dicrurus annectans) adalah spesies burung dari keluarga Dicruridae , dari genus Dicrurus. Burung ini memiliki habitat di hutan terbuka, semak tepi pantai, hutan mangrove. Ciri-ciri Srigunting gagak memiliki tubuh berukuran sedang (26 cm). Tubuh warna hitam. Paruh besar seperti Gagak. Ekor menggarpu dalam, dengan bulu terluar melengkung keluar.
Srigunting gagak

Dibedakan dari Srigunting hitam oleh paruhnya yang lebih besar dan lebar, ekor yang menggarpu tidak terlalu dalam. Burung remaja: memiliki garis-garis melintang keputih-putihan di tubuh bagian bawah. Iris coklat merah, paruh hitam, kaki hitam. Memiliki tingkah laku memburu khas Srigunting.

Penyebaran Berbiak: Himalaya, Cina selatan. Migran: Asia tenggara, Sunda Besar. Burung srigunting gagak merupakan burung migran yang memiliki habitat berkembang biak di Himalaya dan Cina selatan. Pada musim dingin burung ini akan bermigrasi hingga ke selatan menuju Asia tenggara dan Sunda Besar ( Sumatera, Kalimantan, dan Jawa bagian barat ).

Meski disebut sebagai srigunting gagak, namun suara kicauannya justru berirama dan cukup nyaring, dengan suara-suara khas burung srigunting. Silahkan dengarkan audio mp3 suara burung srigunting gagak dibawah ini.
Untuk jenis burung srigunting yang lainnya bisa kalian cari di blog ini. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Srigunting gagak"
Back To Top