Suara burung Cabai Perut kuning

Download mp3 suara burung Cabai Perut kuning. Burung cabai/cabe perut kuning atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Fire-breasted Flowerpecker Dicaeum ignipectus  adalah salah satu jenis burung cabe-cabean atau kemladen. Burung ini berukuran kecil,sekitar (9 cm.). Tubuh bagian atas pada burung jantan berwarna hitam mengkilap kehijauan,tubuh bagian bawah kuning-tua dengan garis dada kuning-kayu manis, dan terdapat strip hitam di bagian tengah perutnya.
Suara burung Cabai Perut kuning
Burung muda,perut belum kuning, original image from http://www.birdholidays.co.uk/

Tubuh bagian bawah pada burung betina berwarna kuning-tua. Iris coklat,paruh dan kaki hitam. Burung muda mirip burung muda cabai polos, bedanya Cabai perut-kuning hidup di daerah yang lebih tinggi. Suara Mirip jenis-jenis burung Cabai yang lain,terdengar “ zit,,,zit,,,zit ” yang kadang berupa suara tembakan khas yang rapat.

Persebaran burung ini ada di wilayah Himalaya, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia dan Sumatera. Terdiri dari 8 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • Dicaeum ignipectus Ignipectus (Blyth, 1843) – Himalaya dari timur Kashmir sampai India timur laut (Arunachal Pradesh, Assam selatan sampai perbukitan Mizo), Bangladesh tenggara, dand Cina selatan dan tenggara (Shaanxi selatan di selatan sampai Xizang tenggara, Yunnan, Hainan, Guangdong dan Fujian) dari selatan sampai Myanmar, Thailand utara, Laos, Vietnam (kecuali Annam bagian tengah dan Cochinchina) dan Kamboja timur (daerah Phumi Dak).
  • Dicaeum ignipectus Formosum (Ogilvie-Grant, 1912) – Taiwan.
  • Dicaeum ignipectus Dolichorhynchum (Deignan, 1938) – Semenanjung Malaysia.
  • Dicaeum ignipectus Cambodianum (Delacour & Jabouille, 1928) – Thailand tenggara dan Kamboja.
  • Dicaeum ignipectus luzoniense (Ogilvie-Grant, 1894) – Luzon utara dan tengah (Filiphina utara).
  • Dicaeum ignipectus Bonga (E. J. O. Hartert, 1904) – Samar (Filiphina tengah bagian timur)
  • Dicaeum ignipectus Apo (E. J. O. Hartert, 1904) – Negros dan Mindanao (Gunung Malindang, Gunung Kitanglad, Gunung Hilong-Hilong, Gunung Apo, Gunung Puting Bato), di Filiphina selatan.
  • Dicaeum ignipectus Beccarii (Robinson & Kloss, 1916) – dari utara sampai tengah pulau Sumatera bagian barat.
Tempat hidup dan Kebiasaan Mendatangi rumpun benalu di puncak pohon pada kawasan di rentang ketinggian antara 800 – 2200 mdpl.(kutilang.org)

Suara kicaunya bisa Anda dengarkan melalui link dibawah ini.
Suara burung Cabai Perut- kuning 
Suara burung Cabai Perut- kuning 
Suara burung Cabai Perut- kuning 
Suara burung Cabai Perut- kuning
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara burung Cabai Perut kuning"
Back To Top