Suara Burung Cendrawasih Kuning Besar

Burung Cendrawasih kuning besar atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama greater bird-of-paradise (Paradisaea apoda) ini adalah jenis burung Cendrawasih yang berukuran besar, sepanjang sekitar 43-44 cm. Memiliki bulu warna coklat marun dan bermahkota kuning. Tenggorokannya berwarna hijau zamrud dan bantalan dadanya cokelat kehitaman. Burung jantan dihiasi bulu-bulu panggul yang besar warna kuning dan memiliki sepasang ekor kawat (bulu sungut) yang panjang.
Suara burung cenderawasih kuning besar

Burung betina berbulu cokelat marun tak bergaris. Burung jantan mirip Cendrawasih kecil, bedanya pada Cendrawasih besar terdapat “bantalan” di bagian dada berwarna coklat-hitam. Burung betina berbulu coklat-gelap berkilauan, tanpa garis melintang di bagian bawah. Burung ini tersebar di hutan dataran rendah dan bukit di barat daya pulau Irian dan pulau Aru, Indonesia. Menghuni tepi hutan dan hutan perbukitan di dataran rendah sampai ketinggian 920 mdpl. Mencari makan dalam kelompok kecil bersama Manukodia kilap dan burung lain. Memakan buah dan artropoda.

Burung jantan memperagakan diri secara komunal di kanopi pohon tinggi. Burung betina mudah sekali dijumpai, terutama di habitat yang terganggu. Dahulu,seorang ilmuan bernama Carolus Linnaeus yaitu seorang ilmuwan Swedia yang meletakkan dasar tatanama biologi. Ia dikenal sebagai "bapak taksonomi modern" dan juga merupakan salah satu bapak ekologi modern memberinya nama jenis Paradisaea apoda, yang berarti "Cendrawasih tak berkaki", karena pada awal perdagangannya ke Eropa, burung ini disiapkan tanpa kaki oleh orang pribumi.

Hal ini menyebabkan salah paham bahwa burung ini adalah pengunjung dari surga yang melayang- layang di udara dan tak pernah menyentuh tanah sampai mati.

Karena umum ditemukan di rentang habitatnya, burung Cendrawasih kuning-besar dievaluasi berisiko rendah di IUCN Red List tentang jenis terancam. Burung ini juga terdaftar pada CITES Appendix II. Sumber :wikipedia & kutilang.co.id

Untuk suara kicaunya kurang lebih sama dengan burung cendrawasih kuning kecil,mohon maaf kami tidak ada audio yang bagus, silahkan lihat performa apik burung cendrawasih kuning besar yang sedang ritual pemilihan jodoh dibawah ini,
0 Komentar untuk "Suara Burung Cendrawasih Kuning Besar"
Back To Top