Suara Burung Komadori atau Robin Jepang

Burung komadori atau Japanese robin (Erithacus akahige, sekarang berganti menjadi Luscinia akahige) . Berdasarkan Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jenis burung Robin di Asia Timur termasuk dalam genus baru yang menyatukan mereka dengan beberapa spesies burung Luscinia di Asia Timur seperti Siberian blue robin.
Suara burung komadori atau robin jepang
original image from www.iltaw.com

Belum ada informasi terbaru yang lebih konkrit lagi tentang pengelompokkan atau klasifikasi ilmiah dari burung ini. Sebagian besar masih merujuk pada satu genus yang di satukan dengan European Robin dan Ryukyu Robin dalam genus Erithacus dari keluarga Muscicapidae.

Penyebutan nama "robin Jepang" juga kadang-kadang digunakan untuk menyebut burung pancawarna ekor merah (Leiothrix lutea) oleh penduduk setempat.

Burung ini memiliki ukuran panjang sekitar 14-15cm dengan warna tubuh bagian atas orange kecoklatan/orange karat, bagian kepala orange cerah mengalung sampai di bahu dan warna abu-abu dibagian bawah tubuhnya.

Suara burung ini terdengar monoton dan hanya mengeluarkan suara tembakan yang rapat pendek-pendek. Beda dengan kicauan kerabatnya yaitu European Robin yang memiliki suara kicauan yang bervareasi. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Komadori atau Robin Jepang"
Back To Top