Suara burung purple finch (pipit ungu)

Download mp3 suara burung pipit ungu. Purple finch atau nama latinnyq Haemorhous purpureus merupakan jenis burung pipit atau Finch yang tersebar di beberapa wilayah di benua Amerika. Spesies ini dan jenis "Amerika rosefinches" lainnya ditempatkan dalam genus Haemorhous oleh para ilmuan Amerika yang dulunya di golongkan dalam genus Carpodacus.
Suara burung purple finch song mp3

Pemberian nama purple finch pertama kali oleh Johann Friedrich Gmelin pada tahub 1789. Burung ini memiliki ukuran panjang sekitar 15cm dengan ekor pendek bercabang berwarna coklat dan sayap coklat. Pada burung jantan memiliki warna bulu merah ke unguan di  bagian kepala, dada, punggung dan paha disertai dengan kombinasi warna abu-abu bergaris.

Pada burung Betina berwarna coklat muda di bagian atas tubuhnya dan garis-garis putih gelap atau kecoklatan di seluruh tubuhnya. Selain itu burung ini jga memiliki garis putih pada wajah di bagian atas matanya.

Burung dari Kanada bagian utara sering bermigrasi ke selatan Amerika Serikat. Untuk burung di daerah lain termasuk burung endemik yang hanya menetap di wilayahnya dan tidak melalukan migrasi ketika pergantian musim.

Populasi burung pipit ungu atau purple finch ini telah menurun tajam di bagian Timur Amerika karena tergusur oleh jenis pipit lain yaitu house finch. Di artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang burung House Finch ini. Mengulas kembali sedikit tentang house finch. Burung ini dahulunya bukan merupakan burung asli. Namun ada beberapa kelompok orang yang sengaja memasukkan burung ini untuk di perjual belikan disana yang kemudian populasinya meningkat dan menjadi banyak sampai saat ini.

Sementara di daerah tersebut sudah ada spesies finch lain yaitu Purple Finch yang akhirnya jumlah populasinya berkurang karena adanya persaingan dalam mencari pakan dan wilayahnya semakin menyempit. Antara Purple finch dengan House Finch memang jika dilihat antara keduanya nyaris tidak ada perbedaan. Antara burung jantan dan betina keduanya juga memiliki perbedaan warna.

Burung ini mencari makan di pohon-pohon dan semak- semak, kadang-kadang juga di tanah. Makanan utamanya berupa biji-bijian, buah dan juga kadang makan serangga. Namun makanan favorir burung ini adalah biji bunga matahari dan millet.

Suara kicaunya hampir sama dengan house finch atau cenderung mirip dengan Burung Linnet. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini:


Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
5 Komentar untuk "Suara burung purple finch (pipit ungu)"
Back To Top