Suara kicau burung emberiza muka hitam

Burung emberiza muka hitam atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai black-faced bunting (Emberiza spodocephala) ini merupakan spesiae burung dari kelompok Emberizidae dan di klasifikasikan dalam Genus: Emberiza. Burung ini merupakan jenis burung satu-satunya dari family Emberizidae yang kerap singgah ke Indonesia. Kita tahu bahwa nama kelompok burung Emberizidae sebagian besar berada di Benua Amerika, yang lebih dikenal dengan Burung Gereja Amerika atau American Sparrow.
burung emberiza muka hitam mp3
img by wingsndthings.blogspot.com

Burung ini merupakan burung migran yang aslinya berbiak di Siberia selatan sampai Cina utara dan Jepang bagian utara, bermigrasi ke selatan sampai Asia Tenggara termasuk Indonesia. Berukuran Kecil  sekitar (15-16 cm.) panjang. Tubuh bagian atas coklat-zaitun, punggung bercoret hitam dan tepi penutup sayap pucat; bulu-bulu ekor luar putih. Paruh bagian atas kehitaman, paruh bagian bawah dan kaki berwarna seperti daging. Tidak ada warna merah-karat pada tunggir.

Burung jantan pada bagian kepala, leher, dan dada abu- abu-kehijauan dengan topeng-muka hitam kecil, perut kuning-pucat, tubuh belang-belang. Pada burung betina, di bagian kepala lebih coklat dibandingkan jantan, tidak ada topeng-muka, alis kekuningan pucat, tenggorokan dan tubuh bagian bawah keputih-putihan sampai kuning pucat dengan coret- malar hitam dan dada serta sisi tubuh bercoret gelap. Burung remaja mirip betina.

Makanan utamanya biji-bijian, meskipun pada fase muda lebih banyak memakan serangga. Bersarang di tajuk pohon atau permukaan tanah.

Suara kicaunya cukup menarik, lagu-lagu yang dinyanyikannya mirip dengan nada burung kenari, tapi durasinya sangat pendek. Berikut ini kami nemiliki koleksi mp3 suara burung emberiza muka hitam yang berasal dari berbagai wilayah. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
9 Komentar untuk "Suara kicau burung emberiza muka hitam"
Back To Top