Burung berkecet biru siberia atau siberian blue robin

Burung berkecet siberia atau nama dalam bahasa globalnya adalah Siberian blue robin (Luscinia cyane). Berkecet siberia merupakan burung pengicau berukuran kecil, spesies ini dulunya diklasifikasikan ke dalam anggota keluarga burung Turdidae / burung punglor,namun study akhir-akhir ini para ilmuan mengklasifikasikannya ke dalam anggota Muscicapidae dalam Genus: Luscinia. Dalam bahasa melayunya disebut dengan Burung Murai Biru Siberia.
Burung berkecet biru siberia atau siberian blue robin
Burung berkecet siberia biru jantan,credit img to www.kitchencabinetpro.cf

Burung berkecet biru siberia ini memiliki ukuran tubuh sedang (sekitar 14 cm), dengan tubuh berwarna biru dan putih. Pada burung muda, bulu– bulu sayap yang mengarah ke belakang berwarna cokelat. Namun ketika burung dewasa, warna cokelat akan berganti menjadi biru. Burung ini merupakan burung dimorfik seksual yang artinya antara burung jantan dan betinanya dapat dibedakan dari warna bulu atau secara fisik.

Burung jantan memiliki tubuh di  bagian atas berwarna biru gelap (burung dewasa pada musim berkembang biak) atau biru terang (burung muda). Selain itu, terdapat juga pita hitam yang melebar melewati mata. Bagian leher hingga bawah perut putih bersih. Burung betina memiliki warna bulu cokelat zaitun pada tubuh bagian atas. Bagian tenggorokan dan dadanya cokelat, dan memiliki sisik-sisik bulu berwarna kuning tua.
Burung berkecet biru siberia atau siberian blue robin
Burung berkecet siberia biru betina ,credit img to https://ayuwat.files.wordpress.com

Burung berkecet biru siberia berbiak di Asia timur laut; saat musim dingin bermigrasi ke India, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Terdapat dua subspesies yang dikenal secara global, yaitu:
  • Cyane (Pallas, 1776) – Siberia Selatan bagian tengah dan Mongolia Utara; bermigrasi ke Asia Tenggara. 
  • Bochaiensis (Shulpin, 1928) – Siberia Timur, Cina Timur-laut, Korea Utara dan Jepang; bermigrasi ke Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Lokal: Burung migran dalam jumlah kecil, dan dapat ditemukan di berbagai kawasan hutan di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. 
Suara kicaunya cukup bagus,silahkan Anda dengarkan audionya dibawah ini.
Refferensi sumber tulisan dari kutilang.or.id,audio dari xeno-canto,org  semoga bermanfaat dan salam kicau mania,
13 Komentar untuk "Burung berkecet biru siberia atau siberian blue robin"
Back To Top