Burung merbah belukar/cucak belukar

Burung Merbah belukar adalah salah satu jenis burung pengicau dari suku cucak-cucakan atau Pycnonotidae yang merupakan spesies dari Genus: Pycnonotus.Dalam bahasa lokal, burung ini disebut dengan nama burung mancrang. Sedangkan nama dalam bahasa Inggrisnya disebut Olive-winged Bulbul (Pycnonotus plumosus Blyth, 1845) sesuai dengan warna sayapnya.

suara Burung merbah belukar/cucak belukar mp3
Burung ini berukuran sedang, panjang tubuhnya jika diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor  sekitar 20 cm. Sisi atas berwarna kelabu kehitaman atau kecoklatan, punggung dan sayap tersaput hijau zaitun. Dagu dan tenggorokan putih atau keputihan. Dada kelabu keputihan, dada bagian bawah dan perut tersaput hijau zaitun. Penutup pantat berwarna kuning kecoklatan. Iris coklat merah tua, paruh hitam dan kaki kecoklatan.

Wilayah penyebarannya meliputi Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Palawan. Di Sumatra dan Kalimantan, burung ini umum ditemukan di hutan dataran rendah hingga ketinggian 300 m dpl. Sedangkan di Jawa tersebar hingga ketinggian 800 m.

Suara kicaunya agak jarang, bervareasi dan kalem. Mirip suara Merbah cerukcuk, tetapi suara seperti terpotong dan terbagi dalam frase. Silahkan dengarkan audionya di bawah ini.
Info tentang burung diatas di kutip dari wikipedia dan di rewrite dengan memodifikasi kata oleh saya sendiri. Sumber audio mp3 di kutip dari xeno-canto.org dan sudah di edit oleh saya sendiri. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung merbah belukar/cucak belukar"
Back To Top