Burung sriti kembang atau barn swallow

Burung sriti atau dalam bahasa Inggrisnya disebut barn swallow (Hirundo rustica) ini merupakan jenis burung yang banyak kita jumpai diberbagai tempat. Dalam bahasa Indonesia atau bahasa nasionalnya disebut burung layang-layang asia. Terkadang banyak orang yang tidak bisa membedakan burung ini dengan burung walet. Karena kebiasaan keduanya sangat mirip,yaitu terbang lalu lalang dengan sangat cepat sambil memangsa makanan berupa serangga kecil yang beterbangan,selain itu juga sering bersarang dibawah jembatan dengan menggunakan lumpur dan rumput.
Burung layang-layang asia atau barn swallow song
credit image to trevorherriot.blogspot.com

Burung layang-layang asia ini adalah spesies burung dari keluarga Hirundinidae, dari genus Hirundo. Memiliki tubuh berukuran sedang (20 cm). Tubuh bagian atas berwarna biru baja. Bagian tepi tenggorokan kemerahan, perut putih. Terdagat garis biru baja di bagian dada atas. Ekornya panjang dengan bintik putih pada ujung bulu.

Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil yang memiliki habitat di hutan, kebun, tegalan, sawah, pedesaan, kota. Berbiak secara kosmopolitan  di semua belahan bumi utara. Wilayah penyebarannya sangat luas,meliputi Afrika, Asia, Asia tenggara (Filipina, Indonesia, Irian) dan sampai Australia.

Meskipun burung ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk terbang,tapi sesekali sering terlihat bertengger di kabel-kabel listrik,di antena yang tinggi. Mungkin kalian sudah pernah membaca dan melihat video tentang sebuah kisah asmara yang sangat menyentuh hati,ya itulah burung ini yang bernama barn swallow.

Suara kicaunya lumayan bagus, berikut ini kami memiliki beberapa koleksi audio mp3 dengan kualitas yang baik. Mungkin bisa Anda jadikan sebagai bahan audio untuk memaster burung kicauan yang Anda miliki.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung sriti kembang atau barn swallow"
Back To Top