Burung wiwik lurik

Burung Wiwik Lurik atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Banded bay cuckoo (Cacomantis sonneratii) ini adalah sejenis burung yang terdapat dalam suku Cuculidae. Nama ilmiah spesies dari burung ini memperingati seorang penjelajah dan ahli alam berkebangsaan Perancis bernama Pierre Sonnerat. Dalam bahasa lokalnya ada yang bilang burung "kedasih",jenis burung yang dianggap keramat yang sering membawa kabar buruk oleh sebagian orang.
Suara burung wiwik lurik mp3

Burung ini berukuran sedang,dengan panjang sekitar (22 cm). Burung usia dewasa pada bagian atas tubuhnya berwarna coklat terang. Tubuh bagian bawah keputih- putihan bergaris hitam halus, alis bergaris pucat.

Untuk burung wiwik lurik usia muda berwarna coklat bercoret,ada bercak hitam. Iris kuning, paruh atas kehitaman, paruh bawah kekuningan, kaki abu-abu. Lebih sering terdengar tapi jarang terlihat. Makanan utama burung ini berupa ulat, kupu, larva Hemiptera, dan juga serangga lain.

Burung wiwik lurik ini Bersifat parasit pada sarang jenis burung dari kelompok Chloropsis spp, (Muscicapidae). Mereka akan menitipkan telurnya pada sarang burung jenis muscicapidae ini,seperti pada sarang burung murai,tledekan dan yang masih kerabat dengannya. Burung jenis kedasih seperti ini merupakan typical burung yang tidak bertanggung jawab. Mau kawin tapi tidak mau bikin sarang,mengeram bahkan membesarkan anaknya sendiri.

Wilayah dan Persebaran burung ini terbagi menjadi beberapa Ras atau sub spesies dengan daerah persebaran.Terdapat 5 sub spesies,diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Cacomantis sonneratii waiti (Stuart Baker, 1919): Sri Lanka. 
  • Cacomantis sonneratii sonneratii (Latham, 1790): India dan Nepal melalui Bangladesh dan Myanmar sampai Cina barat daya, Thailand dan Indochina.
  • Cacomantis sonneratii malayanus (Chasen & Kloss, 1931): Semenanjung Malaysia. Lokal dan ras: Kalimantan, Sumatera (termasuk pulau-pulau lepas pantai di sekitarnya), dan Jawa.
  • Cacomantis sonneratii schlegeli (Junge, 1948): Sumatera, Kalimantan dan Palawan (barat daya Filipina).
  • Cacomantis sonneratii musicus (Ljungh, 1804): Jawa.
Secara luas,daerah penyebaran burung ini meliputi wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Populasi Wiwik Lurik ditemukan di hutan tropis di Sri Lanka, India, Bangladesh, Republik Rakyat Tiongkok, Nepal, Bhutan, Indocina, semenanjung Melayu, Indonesia dan Filipina .Tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Penyebaran di Indonesia sendiri dapat di temukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa.

Suara burung ini cukup unik dan agak menakutkan. Bunyinya seperti nada "Tay-ta-tee ” berulang-ulang, menyambung, dan semakin tinggi. Juga empat nada bersih “ smok- yer-pepper ” yang mirip empat nada Kangkok india, bedanya nada Wiwik lurik lebih cepat, lebih meratap, dan masing-masing kurang ditekan.

Bagi yang membutuhkan suara burung ini bisa langsung dengarkan dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Sumber refferensi
Wikipedia
bio.undip.ac.id
www.kutilang.or.id
0 Komentar untuk "Burung wiwik lurik"
Back To Top