Kicau mantab burung gelatik punggung hijau

Burung gelatik punggung hijau atau green-backed tit (Parus monticolus) adalah spesies burung jenis gelatik batu atau Parus yang merupakan spesies burung dalam keluarga Paridae. Burung ini memiliki tempat hidup alami di kawasan Bangladesh, Bhutan, China, India, Laos, Burma, Nepal , Pakistan, Taiwan dan juga Vietnam.
Kicau mantab burung gelatik punggung hijau masteran gelatik batu
img credited to http://on-the-screen.ru/

Terdapat 4 sub spesies atau ras berdasarkan wilayah tempat hidupnya masing- masing. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Parus monticolus monticolus Vigors, (1831)– Himalayas, Pakistan ke Nepal bagian barat dan barat daya China (Xizang selatan). 
  • Parus monticolus yunnanensis La Touche, (1922) – Himalaya utara ke  bagian timur laut India (Assam), China bagian tengah dan selatan (Gansu dan Shaanxi ke S Yunnan and Guizhou), Myanmar, Vietnam dan Laos. 
  • Parus monticolus legendrei Delacour, (1927)– Langbian, Vietnam. 
  • Parus monticolus insperatus Swinhoe, (1866) – Taiwan.

Memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 13 cm dengan warna yang mirip dengan Burung Gelatik batu sejati atau great tit,namun warnanya lebih cerah. Pada tubuh bagian atas punggungnya berwarna hijau kekuningan di kombinasi dengan semburat warna kelabu dan putih di bagian sayap dan ekornya. Warna hitam di kepala atas menurun hingga ke bahu yang melingkar.

Pada bagian pipinya terdapat warna putih dan ada juga sub spesies yang lain yang memiliki warna putih di bagian atas kepalanya. Tenggorokan hitam yang diteruskan menggaris lebar sampai bagian belakang tubuhnya dan pada sisinya berwarna hijau kekuningan. Berkaki hitam ke abu-abuan dan paruh pendek berwarna hitam.

Kicau burung gelatik batu yang satu ini cukup bagus dengan suara khas gelatik batu yang tajam dan sedikit vareasi. Cocok untuk memaster burung gelatik batu yang ada di Indonesia jika Anda memilikinya. Silahkan dengarkan dan download audio mp3 nya dibawah ini.


Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
7 Komentar untuk "Kicau mantab burung gelatik punggung hijau"
Back To Top