Suara burung murai batu raja/mahkota

Murai batu raja atau disebut juga dengan murai batu mahkota ini merupakan salah satu jenis burung murai batu yang hanya dapat dijumpai di kepulauan Borneo untuk habitat aslinya. Menyebar di beberapa wilayah kalimantan dan negara tetangga yang masih satu pulau,yaitu sabah,serawak dan juga brunei darussalam. Memiliki karakteristik fisik tersendiri yang membedakan dengan jenis burung murai batu yang lain,yaitu terdapat bulu berwarna putih di atas kepalanya seperti memakai mahkota.
Suara burung murai batu raja/mahkota

Dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan white-crowned shama (Copsychus stricklandii). Dahulu,spesies ini dianggap sebagai sub spesies dari white-rumped shama ( Copsychus malabaricus),namun saat ini sudah dijadikan sebagai spesies tersendiri. Terdapat 2 sub spesies dengan wilayah penyebarannya,diantaranya adalah:
  • C. s. stricklandii Motley & Dillwyn, 1855 – Terdapat di wilayah utara kepulauan Borneo, termasuk di pulau Banggi.
  • C. s. barbouri (Bangs & Peters, 1927) (Maratua Shama) – Terdapat di kawasan pulau Maratua.
Burung murai batu asal kepulauan borneo mempunyai karakter gaya bertarung yang khas,yaitu nggembung. Artinya,burung ini akan membusungkan bulu dada dan perutnya ketika bertemu lawan. Sama seperti murai batu borneo asal banjar. Cukup unik memang jika diperhatikan gaya tarungnya,selain mengembangkan bulu dada dan perutnya,gerakan menaik turunkan kepalanya juga sangat gesit dan terlihat sangat agressive.

Berikut ini saya ada 3 koleksi mp3 suara burung murai batu raja atau murai batu mahkota asli di alam dan satu audio mp3 yang sudah di pelihara atau sudah gacor yang saya konvert dari youtube.

Suara kicau asli di alam
Suara murai batu raja gacor
Suara kicaunya agak berisik dan kurang bagus,
Lihat juga penampakan gaya berkicaunya dibawah ini. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
10 Komentar untuk "Suara burung murai batu raja/mahkota"
Back To Top